3 Karyawan PT. ASL Terkonfirmasi Covid-19, Disnaker Sintang Belum Terima Laporan

174 views

Sintang, Zonamedianews.com. Terkait adanya 3 orang karyawan PT ASL yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini sedang di isolasi. Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Ir. Arbudin mengatakan bahwa sejauh ini dirinya belum ada menerima laporan tersenut dari pihak perusahaan yang bersangkutan. Demikian ungkapnya saat ditemui Wartawan di ruang kerjanya, Rabu (17/02/2021).

“Kita adalah Dinas yang membidangi ketenagakerjaan, dan ada bidang yang memandu terkait dengan persengketaan antara karyawan dan perusahannya, ini saya belum ada ketemu ya dengan staf saya yang menangani ini dan memang belum ada laporan juga dari pihak perusahan yang karyawannya terkonfirmasi Covid-19, mungkin mereka sudah menyampaikan ke badan penanggulangan tapi kita belum ada tembusan, dan memang belum ada laporannya di meja saya,” ujarnya.

Lanjut Arbudin, upah atau gaji adalah merupakan hak dari tenaga kerja, “Dan itu juga kita harus melihat kontrak kerja dari perusahan sejauh mana itu. Ini juga belum kita dalami, nanti saya perintahkan staf saya untuk menyelidiki itu, dan kita punya kewajiban melindungi hak-hak tenaga kerja sejauh mereka mengikuti aturan atau kontrak yang mereka lakukan dengan pihak berusahan, ini akan saya cek lah nanti,” tambah dia.

Selain itu Arbudin menambahkan terkait dengan edaran penanggulangan Covid, ada beberapa hal yang wajib di patuhi terutama dalam hal melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari harus sesuai dengan protokol kesehatan, “Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Ini adalah standar umum,” tegasnya.

Dirinya juga berharap agar pihak perusahan dapat menerapkan dan mematuhi hal tersebut, ia juga mengingatkan apabila ada indikasi karyawan yang terindikasi Covid-19 seperti ini, “Dalam aturan itukan jelas, mereka tidaklah langsung dirumahkan dan lai  sebagainya, tentu ada hak-hak yang harus dijamin oleh perusahan, karena ini musibah bukan kelalaian dari pekerja,” pungkas Arbudin. (Andi)

Daerah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan