Alpius : Betang Ensaid Panjang Harus Dilestarikan

oleh

SINTANG-Anggota DPRD Sintang Alpius berharap Rumah Betang Ensaid Panjang, terus dilestarikan , rumah betang yang menjadi rumah adat suku dayak tersebut, haruslah tetap dilestarikan, ditengah saat ini modernisasi terjadi besar-besaran,katanya(2/11).

ia berharap rumah betang Ensaid Panjang, bisa menjadi contoh sebuah kerukunan masyarakat, yang penuh dengan keserhanaan dan gotong royong yang masih sangat tinggi, dan dengan kebersamaan tersebut bisa membawa keberkahan, keberuntungan dan kenyamanan bagi para penghuni Betang Ensaid Panjang,katanya.

Menurut salah seorang warga betang Sembai misalnya, meski sudah sangat tua kondisi rumah Betang ensaid Panjang sudah mulai ada yang rusak, meski beberapa tahun lalu juga sudah ada perehapan, termasuk penggantian atap rumah betang dan servis-servis kecil disekitar betang ensaid panjang,katanya.

Ia juga berharap, kedepan Pemerintah terus bisa memperhatikan kondisi Rumah Betang Ensaid Panjang karena ada beberapa bagian dari betang yang memang perlu diperbaiki, kami sangat emmerlukan sentuhan dan bantuan dari Pemerintah dalam hal ini,ujarnya.

Disisi lain, betang ensaid panjang merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjung baik itu wisatawan dalam maupun luar negeri, dan memang salah satu pintu atau lawang di betang itu kita siapkan untuk tama yang datang jauh yang ingin menginap dan ingin merasakan suasana betang bersama warga betang.dan kami sebagai warga betang tentu berupaya memberika servis yang terbaik untuk tamu-tamu yang datang ke Betang Ensaid panjang,bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *