Amankan Perayaan Paskah Polda Kalbar Kerahkan 1300 Personil

140 views

Pontianak, Zonamedianews.com—-Sebanyak 1300 porsonil Polri akan diturunkan untuk mengamankan rangkaian ibadah Paskah tahun 2021 ini, Personil Polda ini diturunkan untuk membackup Polres-Polres di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

“Kami dari Polda Kalbar akan menurunkan 1300 personil untuk membekap Polres-polres di 14 Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar, Selain itu, kami mengerahkan sejumlah kendaraan taktis, kendaraan patroli, dan alat-alat detektor untuk membantu pengamanan di tempat-tempat ibadah,” demikian disampaikan Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go di depan sejumlah media dalam konferensi pers terkait pengamanan Paskah di Polda Kalbar Rabu 31/3.

Persiapan lain, menurut Donny sudah juga dilakukan rapat-rapat dengan Forkupimda di tingkat Kabupaten/kota, dengan tokoh-tokoh masyarakat terutama tokoh agama.

Ia juga mengatakan Kapolda sudah memerintahkan para Kapolres, Kapolsek, Babinkamtibmas untuk bertatap muka langsung dengan pimpinan-pimpinan Gereja untuk menyampaikan pesanan-pesan Kamtibmas.

Polri juga sudah berkoordinasi dengan pemuda-pemuda gereja, SATPAM, agar meningkatkan kewaspadaan dari hal-hal yang mencurigakan, baik itu benda-benda, maupun orang, atau pun aktivitas-aktivitas yang mencurigakan di sekitar tempat ibadah.

“Kami juga sudah mendata dan melakukan pengamatan di 2577 gereja yang ada di wilayah Kalbar, kita akan melakukan patroli bahkan melakukan penjagaan di setiap gereja-gereja di maksud. Kita akan menimbulkan keyakinan kepada masyarakat bahwa situasi Kamtibmas tetap terjaga dengan baik,” jelasnya.

Untuk membantu pengamanan, menurut Donny, Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak TNI. Dengan dibantu TNI diharapkan perayaan Paskah tahun ini, bisa berjalan lancar dan baik.

Ditempat yang sama, perwakilan KAPENDAM XII Tanjungpura, juga menegaskan bahwa pihaknya siap membekap POLRI untuk pengamanan perayaan Paskah tahun 2021 ini.

”Untuk keterlibatan TNI dalam pengamanan Paskah, mewakili Kapendam saya sampaikan bahwa KODAM XII/Tpr siap sepenuhnya mendukung Polri untuk pengamanan Paskah ini. Terkait jumlah personil kita masih menunggu pengajuan, Intinya KODAM XII/Tpr siap sepenuhnya, mendukung pengamanan pelaksanaan Perayaan Paskah,” tegasnya.

Satu hal yang penting tutup Donny, “Bahwa saat ini situasi pandemik Covid 19 sedang melanda wilayah kita, maka kami berpesan kepada pengelola gereja mau pun warga masyarakat yang beribadah untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” pesannya. (Kun)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan