Ampelas Borneo Gelar Unjuk Rasa di Kantor DPRD Sintang

oleh -4 views

Sintang–Puluhan masyarakat yang Sintang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Petani Pelasma (Amplas Borneo), melakukan unjuk rasa di gedung DPRD Kabupaten Sintang, Selasa 8 Maret 2022.

Kepada Wartawan Ketua Amplas Borneo Siman Lukas, mangtakan tujuan dari unjuk rasa ini adalah untuk memperjuangkan nasip para petani plasma yang mengeluh terhadap investasi perkebunan kelapa sawit.

Dikatakan Siman dari beberapa tuntutan yang disampaikan, tuntutan yang paling krusial adalah terkait selisih data luasan plasma. “Selisih tersebut tidak hanya terjadi pada satu koperasi plasma,” terang siman.

Selain itu mengenai lahan masyarakat yang masuk dalam HGU Perusahaan sehingga tidak bisa di buatkan sertifikat hak milik.

“Seperti di Desa Ransi Dakan lahan tersebut tidak bisa dibuatkan sertifikat karena masuk HGU perusahaan, kita minta agar lahan msyarakat ya g masuk dalam HGU dikeluarkan,” ujar dia.

Siman juga menyoroti terkait perekrtutan tenaga kerja lokal yang sangat minim, dimana perekrutan tenaga kerja lokal 60% seperti yang tertera dalam undang-undang investasi tidak terealisasi.

Siman menegaskan penyerapan tenaga kerja jangan hanya mengacu kepada kuantitas, namun kualitas juga penting agar masyarakat bisa mengisi jabatan dalam starategis di tingkat management.

“Selama ini masyarakat bekerja di perusahaab rata-rata menjadi buruh paling tinggi mandor,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.