Antisipasi Kecurangan Pilkada Sintang, Fordem-Kalbar Kerahkan Ratusan Anggota

72 views

Sintang, Zonamedianews.com. Organisasi yang aktif melaksanakan pemantauan sejak Tahun 2006 ini kembali melaksanakan tugas pemantauannya pada Pilkada tahun 2020. Hal ini di sampaikan Erasmus Endi Dacosta, Ketua Umum Fordem-Kalbar disela-sela kesibukannya saat ditemui di kediamannya di Sintang. 

“Pilkada Sintang ini, kita kerahkan ratusan personel Pemantau ke seluruh wilayah Kabupaten Sintang. Kita melakukan ini dengan harapan agar Pilkada kali ini minim dari pola-pola kecurangan yang mungkin saja terjadi menjelang dan saat serta pasca pencoblosan surat suara di tps tps yang ada,” kata Endi. 

Seputar legalitas Fordem-Kalbar dalam memantau pelaksanaan Pilkada Sintang Endi menegaskan, sudah resmi menjadi Pemantau Pilkada Sintang sejak dikeluarkannya Sertifikat Akreditas Nomor : 1/PEMANTAU-DN/STG/XI/2020 yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang Tertanggal 21 November 2020. “Selain itu seluruh Identity Card Personel juga sudah kita kantongi, tinggal pendistribusian ID Card dan pengiriman Personel ke titik-titik tertentu di wilayah Kabupaten Sintang yang sudah kita analisis dan kita cross check langsung kelapangan  sejak 3 bulan yang lalu” Tegas Endi sambil menambahkan.

Dikatakan Endi, di titik-titik tertentu ini yang dianggap rawan akan terjadinya kecurangan baik itu sebelum pelaksanaan pencoblosan, saat pelaksanaan pencoblosan dan pasca pelaksanaan pencoblosan, karena itu di wilayah tertentu ini kita tempatkan personil 

Ketika ditanya terkait langkah yang diambil jika terjadi kecurangan, Endi menegaskan, “jika terjadi kecurangan dan pelanggaran terkait pelaksanaan Pilkada ini, kita akan tetap melaksanakan prosedur serta sistem kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan berlaku, Kita mesti berjalan sesuai koridor dan ketentuan yang ada, hal ini juga sudah kita sampaikan ke seluruh personel yang akan bertugas dilapangan,” kata Endi. 

“Saat nanti dilapangan kita juga akan mengedepankan komunikasi dan koordinasi baik itu dengan Panwas Pemilihan maupun dengan Pihak Kepolisian, komunikasi dan koordinasi ini penting sekali agar terbangun system serta pola kerjasama yang baik untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, intinya Pemantauan, Pengawasan serta Pengamanan itu adalah suatu kesatuan yang mesti terkoordinasi dengan baik,” kata Endi lagi. 

Saat di singgung seputar pelaksanaan Pilkada di saat Pandemi Covid 19, Endi menegaskan, apapun yang terjadi, wajib mengikuti dan melaksanakan Protokol kesehatan, kepada Personel yang turun kelapangan juga sudah kita sampaikan untuk membantu mensosialisasikan serta mengarahkan Masyarakat serta pemilih untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan saat nanti berada di Tps, hal ini penting dilakukan guna saling menjaga kesehatan satu sama lain, intinya Protokol Kesehatan itu wajib dilaksanakan. (Red)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan