Antisipasi Musim Kemarau BPBD Sintang Imbau Waspada Karhutla

314 views

Sintang, Zonamedianews.com. Kepala BPBD Kabupaten Sintang Bernhard Saragih mengimbau warga tetap berwaspada sesuai dengan pantauan cuaca BMKG bahwa saat ini mulai memasuki musim kemarau, meskipun memasuki musim kemarau antisipasi banjir, angin puting beliung dan tanah longsor juga msih tetap berjalan. 

“Karena kita dapat informasi juga bahwa hujan akan turun awal maret, siaga Batingsor tetap hidup,” ujar dia.

Untuk kesiapsiagaan Karhutla Bernard menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan rapat dengan stackholder yang akan di laksanakan pada Selasa, 23 Februari mendatang yang akan dipimpin oleh PLH Bupati. “Dalam rapat itu nanti kita akan menerima saran dari berbagai pihak termasuk BMKG, mungkin kita akan naikan status kita dari normal menjadi kesiapsiagaan,” tambahnya.

Ia mengatakan hingga saat ini ada beberapa Kabupaten di Kalimantan Barat yang telah terjadi kebakaran hutan dan lahan, sedangkan di Kabupaten Sintang saat ini baru terdapat satu titik hotspot yang termonitor yaitu di Kecamatan Binjai, namun disana mungkin masih membuka lahan biasa.

Lanjutnya, pemerintah Kabupaten Sintang memiliki Peraturan Bupati yang mengijinkan masyarakat untuk membuka lahan, dengan mekanisme membuka lahan terkendali. “Dalam membuka lahan terkendali ini masyarakat harus membuat pernyataan kepada Kepala Desa kapan dia membakarnya, dan direkapitulasi oleh Kepala Desa nanti dikirim ke Camat setelah itu dari Camat baru ke Kepala BPBD sebagai monitoringnya,” tambah Bernhard lagi.

Kepada masyarakat jika ingin membuka lahan pada saat ini dirinya menegaskan agar membuka lahan dengan cara terkendali dengan luas maksimal 2 hektar dan jangan sampai menyebrang ke lahan tetangga atau pun hutan, terlebih harus memberikan laporan kepada Kepala Desa agar diberikan kontrol pengawasannya. 

Ia juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Sintang untuk kearifan lokal agar tetap berjalan. “Membuka lahan dengan cara tidak membakar silahkan, membuka lahan dengan cara membakar sesuai dengan Peraturan Bupati juga silahkan, dan pada saat kesiapsiagaan nanti kita sama-sama mengontrol jangan sampai kita menerima bencana kabut asap,” pungkas dia. (Andi)

Daerah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan