Bhabinkamtibmas dan Babinsa Himbau Warga Bahaya Bakar Ladang

175 views

Sintang, Zonamedianews.com. Bhabinkamtibmas dan Babinsa Serawai berpatroli bersama cek lahan warga yang akan digunakan untuk berladang.

Bertempat disalah satu Desa Kecamatan Serawai patroli dihentikan karena ada warga yang sedang bergotongroyong membersihkan lahan yang akan digunakan untuk ladang.

Melihat hal tersebut personil patroli menghampiri warga yang sedang bekerja dengan tujuan berdialog.

Personil Patroli mengajak warga agar lahan yang dibersihkan ini jangan dengan dibakar habis karena anggota melihat disekeliling lahan milik warga yang tidak mau disebutkan namanya itu terdapat lahan tentangga yang masih ada pohon-pohon besar.

“Pak kalau bisa lahan ini jangan dibakar dulu karena kita lihat sangat berbahaya apalagi lahan sebelah bapak ini ada kebun karetnya,” ucap Anggota yang berpatroli.

Warga yang punya lahan menjelaskan bahwa sistem bakar yang akan dilakukan adalah dibakar sedikit-sedikit.

“Kami bakar ini dengan cara dipandok yang sebelumnya kayu-kayu yang sudah kering kami kumpulkan menjadi beberapa kumpulan setelah itu baru kami bakar sedikit-sedikit,” jelas warga.

Kapolsek Serawai IPTU Muhammad Rasyid mengatakan jangan sampai ada warga yang terkena jeratan hukum,oleh sebab itu perlunya kerjasama setiap elemen masyarakat mulai dari perangkat Desa sampai pemerintah Kecamatan untuk mendata dan memberikan arahan kepada warga.

“Kearifan lokal tetap kita jaga, oleh sebab itu mari kita ketahui dan pahami bersama aturan pemerintah Kabupaten dan Provinsi terkait aturan berladang,” tutur pak Rasyid, Jum’at, (14/8/2020).

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan