BPN Serahkan 4627 Sertifikat Kepada Masyarakat Kalbar

111 views
PONTIANAK. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional serahkan 4627 sertifikat tanah kepada masyarakat Kalbar, penyerahan disampaikan langsung oleh Dirjen Penanganan masalah agraria pemanfaatan ruang dan tanah RB Agus Wijayanto tgl 9/12/2019 di Gedung PCC Pontianak.

Sertifikat yang diserahkan berasal dari restribusi pelepasan kawasan hutan seluas 5350 ha. 

Kepada awak media dalam wawancaranya selepas penyerahan sertifikat, Dirjen menjelaskan Reforma Agraria ada dua jenis, yaitu restribusi tanah dan legalisasi aset yang targetnya masing masing seluas 4,5 jt Ha.

Legalisasi aset adalah tanah-tanah yang sudah dimiliki tetapi belum terdaftar, termasuk juga tanah-tanah transmigrasi yang belum bersertifikat.

Sedangkan retribusi tanah, tanah yang berasal dari ex HGU tanah terlantar dan pelepasan kawasan hutan, di seluruh Indonesia ada seluas 4,1 jt Ha.

4.627 Sertifikat yang diserahkan, Kab. Kubu Raya 447 Sertifikat, Kabupaten Landak 227 Sertifikat, Kab. Bengkayang 100 Sertifikat, Kabupaten Sanggau 1353 Sertifikat, Kab. Sintang 1946 Sertifikat dan Kab. Kapuas Hulu 54 Sertifikat.

Dalam kata sambutannya Dirjen berpesan, agar tanah yang sudah dimiliki supaya dirawat dan dijaga. “Tanah yang sudah menjadi milik, jangan dibiarkan terlantar,” pesannya. (Kun)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan