Bupati Panji Resmikan Gereja Katolik SPM Diangkat Ke Surga Paroki Nanga Pinoh

229 views

 

Melawi, Zonamedianews.com. Bupati Melawi, Panji, S.Sos meresmikan Gereja Katolik Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Paroki Nanga Pinoh, Keuskupan Sintang, Kamis (14/01/2021). Hadir pada kegiatan tersebut Uskup Sintang, Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM Cap yang sekaligus akan melakukan pemberkatan gereja, Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus, Wakil Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, Forkopinda Kabupaten Melawi, Unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Melawi, Sekda Kabupaten Melawi, Bupati Sintang, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Sekda Kabupaten Sintang, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Melawi beserta rombongan disambut dengan tarian adat dayak sekaligus prosesi potong ompong. Acara tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan tamu undangan yang hadir juga dibatasi.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja, Drs. Ivo Titus Mulyono, M.Si dalam laporannya mengungkapkan acara peresmian dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sehingga tamu undangan pun juga dibatasi, namun prosesi peresmian dan pemberkatan dapat disaksikan via live streaming.

“Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh Umat Katolik se-Kabupaten Melawi karena tidak bisa ikut merayakan peresmian secara langsung di gereja karena kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung sehingga tamu undangan juga harus kita batasi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Ivo Titus Mulyono menjelaskan perencanaan pembangunan gereja tersebut sudah disepakati dan direncanakan sejak 13 tahun pada tahun 2008 silam, namun prosesi pembangunan gereja dimulai pada tanggal 09 Juli 2015 yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan yang dilakukan oleh Bapak Mgr. Agustinus Agus sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Sintang pada saat itu.  Dia juga menambahkan pembangunan gereja tersebut secara keseluruhan memerlukan dana sebesar Rp. 14,915,652,000.

Sementara itu, Uskup Sintang, Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM Cap dalam sambutannya mengucapkan syukur atas selesainya pembangunan gereja katolik Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Nanga Pinoh dan berterima kasih atas dukungan dan bantuan semua pihak atas terselesaikannya pembangunan gereja tersebut.

Uskup Sintang juga berharap megahnya gedung gereja tersebut bisa menjadi simbol kemegahan dan keindahan umat beragama paroki Nanga Pinoh.  Uskup juga menekankan walaupun pembangunan gereja telah selesai dilaksanakan, namun menurutnya hal yang terpenting adalah keberlangsungan pembangunan mentalitas iman umat kedepannya.

“Walaupun pembangunan gereja selesai, namun pembangunan mentalitas umat kedepannya harus terus dilaksanakan. Kemegahan dan keindahan gereja ini merupakan simbol kemegahan dan keindahan umat beragama di Kabupaten Melawi,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Melawi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia, umat dan semua pihak yang terkait dalam penyelesaian pembangunan gereja.

Panji juga menyampaikan untuk selalu menjaga semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan umat serta membangun keharmonisan dan kerjasama yang baik antar gereja yang lain, pemerintah dan semua elemen masyarakat.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, gereja diharapkan dapat terus berperan andil dalam mendukung program-program pembangunan terutama yang mengarah pada pembangunan umat,” ungkapnya.

Menutup sambutannya, Bupati berharap kiranya gedung gereja yang megah tersebut dapat dipelihara dan dijaga dengan baik.

“Mari kita jaga bersama gedung gereja yang megah ini. Saya berharap dengan berdirinya gereja ini semakin meningkatkan semangat umat untuk beribadah di gereja dan sebagai modal utama dalam membina dan mengembangkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Melawi,” pungkasnya. (Red)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan