Cegah Ilegal Fishing, DLH Minta Kerja Sama Semua Pihak

147 views

“Illegal Fishing adalah merupakan kegiatan yang melanggar aturan dan perundang-undangan yang berlaku tentang perikanan”

Sintang, Zonamedianews.com—Dalam rangka memberikan imbauan dan larangan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan illigal fishing atau lebih dikenal dengan mencari ikan dengan menggunakan bahan kimia, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sintang Edy Harmaini, mengatakan bahwa hal ini menjadi masalah serius sehingga dibutuhkan kerja sama semua pihak dalam melakukan pencegahan dan penghentian illigal fishing tersebut.

Sebab ikan hasil tangkapan menggunakan bahan kimia sangatlah berbahaya bagi kesehatan karena sangat berbeda dari ikan hasil pancingan atau menggunakan jaring.

“Kalau masyarakat kita jaman dahulu mereka mengatakan ini adalah tradisi, dulu kan menggunakan tuba akar sedangkan sekarang mereka menggunakan bahan kimia. Padahal ini sangat berbahaya bagi kesehatan kan berbeda dari ikan segar hasil pancingan atau pukat, secar tidak langsung kita meracuni diri kita sendiri,” ujar Edy saat ditemui Wartawan di ruang kerjanya, Kamis 4 Maret 2021.

Ditambahkannya dalam hal ini DLH tidak bisa bekerja sendirian dan harus membutuhkan bantuan semua pihak dan kesadaran dari masyarakat sendiri.

“Dalam hal memang tidak bisa DLH sendiri harus berintegrasi, misalnya Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, dan aparat penegak hukum, karena memang itu pencemaran karena bahan yang digunakan seperti Portas itu mengendapnya sangat lama. Apalagi inikan musim kemarau kesusahan air bersih dan air itu juga akan dijadikan air minum,” tambahnya.

Dalam hal ini juga ia mengharapkan peran serta semua pihak baik di tingkat Kecamatan, dan perdesaan agar dapat bersama-bersama memberikan imbauan kepada masyarakat setempat agar tidak melakukan kegiatan illigal fishing atau menangkap ikan menggunakan bahan kimia.

“Di sinilah peran dari rekan-rekan semua baik yang ada di tingkat Kecamatan dan Bapak/Ibu yang ada di Desa agar dapat memberikan imbauan kepada masyarakat, di Desa juga kan ada pemangku adat masing-masing ini juga merupakan perannya agar memberikan arahan kepada masyarakat,” pungkasnya.(Andi)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan