Cegah Virus ASF, Ahoi Imbau Warga Tidak Cari Pakan Ternak Ke Luar

195 views

Sintang, Zonamedianews.com—Maraknya pemyebaran Virus ASF pada hewan ternak jenis babi saat ini, Kepala Desa Lalang Baru Andreas Ahoi mengimbau kepada warga yang memiliki ternak Babi untuk sementara waktu tidak mencari pakan ternak ke luar, terutama sampah rumah tangga yang dari kota.

Ia juga mengimbau untuk sementara waktu agar warga tidak membeli daging babi dari luar. “Kita mengimbau untuk sementara waktu bagi warga yang memiliki ternak untuk tidak mencari pakan diluar, terutama sampah rumah tangga yang di pasar-pasar, gunakanlah pakan yang ada seperti ubi, keladi dan lainya, serta tidak membeli daging Babi dari luar,” ujar Ahoi kepada Wartawan Zonamedianews.com, Kamis (14/10/2021) malam.

Dikatakannya Virus ASF ini sama halnya dengn Virus Covid-19 yang menyerang pada manusia dengan tingkat penyebaran yang sangat cepat. “bisa lewat berbagai media seperti pakan, air dan atau orang luar yang berkunjung ke kandang juga bisa membawa virus ASF ini,” ujar dia.

“Mengingat di Kecamatan Sintang di beberapa tempat sudah ada ternak yang terkena wabah virus ASF salah satunya di Desa Merti Guna. Untuk memutus rantai interaksi dari luar yg bisa membawa virus ASF ini, karena seberan virus ini mirip dengan virus covid-19 yang menyerang pada manusia, ia mengakandang juga harus rajin dibersihkan dan disemprot dsinfectan,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan jika ditemukan ada warga Lalang Baru yang babinya sudah terjangkit dan mati supaya segera di kuburkan, untuk mengurangi dampak penyebaran dan tidak dibuang ke sungai. “Karena jika di buang ke sungai dampak Penyebaran akan meluas,” kata Ahoi. (Andi)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan