Cinghan Masuki Purna Tugas, Kabag Tapem Ditunjuk Sebagai Plt Camat Sepauk

oleh -34 views

Sintang, Zonamedianews.com–Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Iwan Kurniawan, S. Sos, M. Si menghadiri acara serah terima jabatan Camat Sepauk dari Drs. Cinghan kepada Pelaksana Tugas Camat Sepauk Drs. Paulinus, M. Si di Gedung Langkau Kita Kecamatan Sepauk pada Senin, 13 Desember 2021.

Drs. Cinghan yang bertugas sebagai Camat Sepauk sejak 2016 sudah memasuki purna tugas sejak 1 November 2021 yang lalu. Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Camat Sepauk sampai dilantiknya Camat Sepauk definitif.

Hadir pada acara serah terima jabatan tersebut, Sekretaris Camat Sepauk Wanti Ismartini, SE beserta jajaran Pemerintah Kecamatan Sepauk, Anggota Forkopimcam Sepauk, Kepala Desa dan masyarakat.

Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Iwan Kurniawan menyampaikan selamat kepada Saudara Paulnus yang mendapatkan tugas baru sebagai Plt. Camat Sepauk.

“Selanjutnya saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih sebanyak-banyaknya, atas pengabdian dan loyalitas yang telah diberikan selama ini, dalam menjalankan tugas-tugas kepada saudara Drs. Cinghan sebagai Camat Sepauk. Selamat memasuki masa purna bakti, semoga masa pensiun ini dapat dinikmati dengan penuh rasa kebahagian dan suka cita,” ungkap Iwan Kurniawan yang juga Kepala Bagian Prokopim Setda Sintang ini.

Dikatakan Iwan, masa pensiun bukan akhir dari proses aktivitas dan kreativitas, otak harus terus dirangsang untuk terus berfikir dan berfikir. Pengabdian tidak berhenti hanya karena kita memasuki purna tugas. Setelah masa pensiun, semangat dan optimisme harus tetap menyala. Kontribusi seorang pensiunan justru semakin nyata dan diperlukan pada saat ia terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

“Selain itu, saya ingin berpesan kepada saudara Plt. Camat Sepauk, bahwa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi camat ada 4 hal pokok yang harus menjadi fokus perhatian yaitu : pemerintahan, pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan. Untuk itu saudara harus benar benar memahami karakter masyarakat dan juga potensi wilayah desa yang ada diwilayah kecamatan dengan memaksimalkan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai unsur atau elemen masyarakat misalnya lembaga-lembaga masyarakat yang ada dan juga mengawasi kinerja aparat pemerintah desa agar tujuan pemerintahan itu sendiri dapat tercapai. Camat harus mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan. Karena tanpa partisipasi aktif masyarakat pembangunan yang kita laksanakan akan sia-sia,” pesan dia.

“Sebagai seorang pimpinan wilayah, saudara tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja, tapi juga harus peka dan mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat. Dalam melaksanakan tugas saudara harus mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab. saya yakin pengalaman saudara sebelumnya dalam berbagai tugas akan sangat membantu tugas-tugas saudara selanjutnya,” tambahnya.

Ia juga berharap kepada Plt. camat agar mampu menciptakan kondisi yang kondusif di Kabupaten Sintang ini, “terutama di Kecamatan Sepauk ini yang dimulai dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif, dengan mengembangkan sikap dan budaya kerja yang saling asih, saling asah dan saling asuh dengan lingkungan internal dan lingkungan eksternal unit kerjanya,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.