Ciptakan Rasa Aman Dari Pos Kamling Hingga Puskesmas

113 views
Sintang, Zonamedianews.com. Dalam menciptakan rasa aman kepada warga Jajaran Polsek Serawai melakukan patroli dan sambang ke tempat-tempat umum di seputaran Kecamatan Serawai, Rabu (22/7/2020).  
Di Desa Tanjung Baru Kecamatan Serawai, Bhabinkamtibmas Bripda Riski Saputra melaksanakan sambang dialogis warga perangkat pos kamling yang bertugas pada saat itu. Hal tersebut dilakukan untuk mengajak warga menggiatkan ronda malam siskamling yang sudah bersinergi dengan pihak kepolisian.
“Kami melaksanakan kegiatan sambang Pos kamling ini rutin dengan cara mengunjungi pos-pos keamanan yang ada di pemukiman warga baik siang maupun malam hari,” ujar Bripda Riski.
“Keberadaan pos kamling merupakan salah satu tempat untuk berkumpul, dan merupakan wadah untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi dengan warga. Pos kamling juga merupakan sarana untuk menciptakan situasi keamanan di lingkungan melalui kegiatan ronda,”  terangnya.
Ada banyak cara yang digunakan untuk berkomunikasi dengan warga Desa Nanga Serawai, salah satunya dengan mengajak minum kopi bersama ketika sedang sambang. Bripda Ersandi Priyatna juga ngopi barang warga Desa Nanga Serawai di sebuah warung kopi ketika melaksanakan sambang pada, Rabu (22/07/2020).
“Dengan minum kopi bersama, bisa menjalin kedekatan serta mempererat keakraban antara Anggota Polsek Serawai dengan warga Desa Nanga Serawai, sehingga obrolan dapat mengalir dengan santai selain itu juga dapat menyerap informasi situasi keamanan yang ada,” ucap Bripda Ersandi. 
Lain Bripda Riski Saputra dan Bripda Ersandi Priyatna lain pula Bripda Reza Azhari. Anggota Polsek Serawai ini pergi menyambangi warga ke Puskesmas Serawai, Rabu (22/07/2020). Dalam kesempatan tersebut, Brida Reza memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada Petugas Rumah Sakit dan Satpam agar selalu waspada pada saat jam pelayanan atau terhadap para tamu yang keluar masuk areal Rumah Sakit. 
“Kita sampaikan kepada Satpam agar lakukan pemeriksaan identitas tamu dan lakukan patroli di areal Rumah Sakit setiap 1 jam sekali dengan tujuan memastikan situasi aman tidak adanya gangguan kamtibmas. Selain itu kita menyarankan kepada Petugas Rumah Sakit Pratama agar di sudut ruangan yang berpotensi terjadinya gangguan kamtibmas untuk dipasang kamera pengawas CCTV karena dengan adanya kamera pengawas CCTV ini memudahkan mendeteksi adanya tindak kejahatan,” kata Bripda Reza. 
“Tadi sempat juga dihimbaukan kepada Petugas Satpam agar memantau kondisi kendaraan yang terparkir dihalaman Rumah Sakit,” sambungnya. 
Kapolsek Serawai, IPTU Muhammad Rasyid menyampaikan apresiasinya kepada atas usaha personil jajarannya dalam menjaga kamtibmas.  
“Melalui kegiatan ini anggota Polsek Serawai memanfaatkan segala cara sebagai media untuk bersilaturahmi agar lebih dekat dengan warganya,” kata , IPTU Muhammad Rasyid.
“Kita harapkan dengan adanya kegiatan patroli sambang ini dapat terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara Polri dan para mitra lembaga dan warga masyarakat, dan kitajuga selalu mengingatkan akan pentingnya rasa aman,” tambahnya. (Hms)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan