DAD Kecamatan Kembayan Minta Dibukakan Tempat Jualan Daging Babi Di Pasar Rakyat Kembayan

147 views

SANGGAU, ZONAMEDIANEWS. Ketua DAD Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Yosef Andi menyampaikan segala aspirasi masyarakat, ia menyebutkan bahwa masyarakat Dayak minta agar dibukakan ruang berjualan daging babi di pasar rakyat Kembayan.

DAD kecamatan kembayan bersama para temenggung melakukan koordinasi menyampaikan aspirasi masyarakat Dayak dengan pihak kecamatan agar pasar sayur kecamatan kembayan bisa berjualan dan menjual daging babi.

Yosef Onggo sekretaris DAD kecamatan kembayan menyampaikan, terkait dengan pasar ini agar pihak kecamatan untuk menempatkan pedagang yg sudah terdaftar dan pro aktif. Karna pasar rakyat harus ada sacam keadilan untuk menempati pasar ini. Agar pihak kecamatan bisa menyampaikan aspirasi dr masyarakat adat Dayak ini. Artinya semua masyarakat bisa berdagang disitu.
Semenatara itu, Inosensius Nono Camat kmbayan, menyebutkan bahwa pasar ini Aset disperindakop kabupaten sanggau, pihak kecamatan yg menjadi pembina pasar rakyat ini, terkait dengan pemanfaatan pasar maka akan mengembalikan pedagang yg aktif berdagang, yg lapak baru dibuat untuk ayam dan ikan ada 20 lapak. Untuk pondok-pondok liar tidak ada mbayar ke Pemda Jadi pondok-pondok liar di eksekusi bongkar.
Terkait dengan berjualan sapi dan babi. Untuk berdagang dipasar rakyat kembayan belum ada yg mendaftar. Sementara yg ada hanya ayam dan ikan.
“Untuk pedagang liar yg pakai mobil tidak boleh lagi berdagang dipinggir jalan, setelah pasar rakyat ini selesai dan dibuka mereka harus menempatinya,” ujarnya.
Dari Yosef Andi DADTerkait dengan masyarakat Dayak. Setidaknya ada lapak saja dr masyarakat untuk berdagang . Jadi peruntukannya untuk orang2 Dayak yg mau berdagang babi. Yg terpenting memahami suasana dengan komunikasi saling menjelaskan dengan duduk bersama kesepakatan bersama. Jadi dengan rapat koordinasi sehingga tidak menjadi liar. Dan disperindakop bisa mberikan ketegasan agar pedagang non muslim bisa berjualan.
Jangan sampai orang dari luar yg mengisi lapak ini nanti hal ini bisa menjadi kesenjangan dimasyarakat. Karna pasar ini bersifat umum, tolong lapak ini jangan habis diberikan kepada orang luar. Dan tolong dibukakan ruang kepada masyarakat setempat. Pemerintah juga harus memperhatikan masyarakat yg bhineka Tunggal Ika ini. (Leo)

Umum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan