DAD Sintang Minta Pemerintah Berikan Solusi Bagi Para Petani

108 views

SINTANG. Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang meminta kepada Pemerintah memberikan solusi terkait larangan membuka lahan dengan cara membakar. Hal ini di ungkapkan oleh Ketua DAD Kabupaten Sintang Jeffray Edward dalam orasinya saat aksi damai di depan Kantor Pengadilan Negeri Sintang, Kamis (21/11/2019) lalu.
Jeffray, meminta agar Pemerintah tidak hanya menegakan hukum namun juga harus memberikan solusi bagi para peladang.

Dikatakan Jeffray, jika Pemerintah melarang membuka lahan dengan cara mebakar maka Pemerintah harus memberikan solusi bagi masyarakat. Oleh sebab itu dirinya sangat berharap adanya campur tangan Pemerintah dalam hal ini bahkan ia meminta agar Presiden juga dapat turun langsung untuk melihat kondisi pada saat ini.

Dirinya menegaskan, meskipun ia menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang, hal ini bukanlah hanya untuk kepentingan masyarakat Dayak melainkan menyangkut hidup semua masyarakat peladang yang ada di Kabupaten Sintang.
“Kita berharap Pemerintah tidak hanya memberikan tindakan hukum. Pemerintah juga harus memberikan solusi bagi kita, jika kita tidak boleh membuka lahan dengan cara mbakar maka Pemerintah harus memberikan solusi seperti apa teknologinya, harus diberikan solusi,” ungkap Jeffray. 
Ia juga meminta Kepada Pemerintah dan Aparat penegak hukum, dapat memberikan solusi  agar para petani dibebaskan dari proses hukum. (Andi)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan