Dandim 1206/Psb Letkol Inf Sri Widodo pimpin upacara hari Santri

oleh

Kapuas Hulu–Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober selalu diperingati dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah upacara bendera. Dengan cuaca hujan tidak menyurutkan para peserta upacara dalam memperingati hari Santri di Kapuas Hulu tahun 2022.

Peringati hari Santri tahun 2022 di Kapuas Hulu, Dandim 1206/Psb Letkol Inf Sri Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara yang di pusatkan di halaman sekolah MTSN 1 Putussibau, Sabtu,22 Oktober 2022.

Peringatan hari Santri tahun 2022 ini mengambil tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Maksud dari tema tersebut adalah bahwa Santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak dan selalu siap mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Amanat Menteri agama dalam upacara hari Santri yang dibacakan oleh Dandim 1206/Psb selaku Inspektur Upacara mengatakan bahwa bahwa Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya Revolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan. Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri.

Peringatan hari Santri bukanlah milik santri semata, tetapi hari Santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjujung nilai nilai kebangsaan,” kata menteri agama dalam amanatnya

Melalui momen upacara peringatan hari Santri tahun 2022 ini mari kita bersama sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama,kiai, santri yang telah Syahid di Medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditetapkan sebagai yang terbaik disisi Allah SWT, ” jelasnya.

Turut hadir Dandim 1206/Psb, Kapolres Kapuas Hulu (diwakili),OPD kab Kapuas Hulu, pimpinan Ponpes, ketua PCNU kabupaten Kapuas Hulu, para Santri, ketua Persit KCK Cab L Dim 1206, Bayangkari Polres Kapuas Hulu dan tamu undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *