Dewan Apresiasi Pelayanan Duk Capil di SMK N 1 Sintang

oleh

Sintang-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang melakukan perekaman E-KTP secara mobile dengan sistem jemput bola, kali ini menyasar siswa usia 16-17 tahun pemilik E-KTP Pemula di SMKNI Sintang yang terletak di Jalan Sintang-Pontianak kecamatan sungai Tebelian Kabupaten Sintang selama tiga hari Rabu, Kamis dan Jumat (11/11/2022)

Kegiatan yang digelar dari kemarin tersebut siswa langsung bisa membawa pulang E-KTP bagi yang usianya sudah 17 tahun akan tetapi jika yang usianya masih 16 tahun maka dia akan membawa pulang KIK.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang Santosa dia mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Disdukcapil dengan program jemput bola yang direkam mulai usia 16-17 tahun tentunya nanti mereka memiliki hak pilih di tahun 2024 , nah tentu saya mengapresiasi karena infonya ini sekolah yang ketiga tempat dilakukanya perekaman E-KTP dan saya tadi sudah berbincang-bincang dengan pak Hasbi selaku Kabid Perekaman dan Pelayanan E-KTP dipastikan anak-anak kita yang melakukan perekaman ini KTP mereka berhasil direkam.

Sementara di tingkat kecamatan yang secara ofline terkadang mereka tidak berhasil merekam, ini secara online dipastikan tingkat keberhasilannya aman.

“Dengan program jemput bola bagi usia 16-17 tahun ini berarti mendukung untuk pemilih pemula pada tahun 2024 mendatang, karena KTPnya langsung aktif, ” Timpalnya.

Sementara Kepala Sekolah SMKNI Sintang Poeryanto mengatakan bahwa di sekolahnya telah dilakukan perekaman E-KTP oleh Disdukcapil menyasar siswa -siswi usia 16 dan 17 tahun yang harus sudah mempunyai E-KTP.

“ Maka kami dengan adanya surat edaran dari bapak Gubernur untuk menghubungi Dukcapil dan disambut baik oleh Disdukcapil, sebenarnya kami mau mengantarkan siswa kami ke Dukcapil akan tetapi tanggapan dari Dukcapil bahwa pihak Dukcapil yang mobile jemput bola merekam ke sekolah kami dan ini sudah saya lihat di SMK Sepauk dimana tempat saya mengajar sebelumnya juga sudah direkam dan saat ini giliran kami, ” Katanya.

Untuk pesertanya kata Mas Poer siswa kelas X, XI dan XII sekitar 2000 lebih .“Mereka yang kelas X dibawah 17 tahun sehingga mereka hanya menerima KIA, sedangkan yang kelas XII mereka sudah usia 17 tahun maka mereka sudah KTP dan kelas XI nya masih campur ada yang usia 16 ada juga yang 17 tahun, ”

Luar biasa pihaknya menyambut baik perekaman E-KTP yang digelar di SMKNI Sintang ini, kebetulan kami di SMKNI Sintang ini memiliki tempat yang refrentatif diaua di setiap ada iven-iven kami pasti menggelar di aula SMKN I Sintang ini.

Kepala Bidang Pelayanan, Pendaftaran dan Perekaman Disdukcapil Kabupaten Sintang Hasbi mengatakan pihaknya secara mobile melakukan perekaman E-KTP dan mencetak langsung di tiga sekolah SMK salah satunya di SMKNI Sintang.

“Kami beberapa hari ini sudah melakukan perekaman E-KTP dan langsung cetak di tiga SMKN salah satunya SMKNI Sintang, disini ada sekitar 2000an siswa dan sudah dua hari, jika dua hari belum cukup maka kami masih akan lanjut hingga besok, ” Kata Hasbi.

Hanya saja dari jumlah tersebut yang wajib KTP sekitar 500 an siswa, kemudian bagi siswa yang luar Kabupaten Sintang tetapi sekolah di SMKNI Sintang ini tidak dapat dilakukan perekaman ada siswa juga yang sudah memiliki E-KTP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *