Diskusi Online Apindo Kalbar dan Para Stage Holder Dalam Rangka Memperkuat Hubungan Industrial antara Pengusaha dan Buruh

87 views
Pontianak, Zonamedianews.com. Dalam rangka memperingati hari Buruh Sedunia dan memperat komunikasi antara pihak, Apindo , berinisiatif melakukan diskusi secara online dengan Kadis Nakertrans Provinsi Kalbar Bapak Ignasius, Ketua KSBSI Kalbar Bapak Suherman, serta Bapak Ahmad Piter, SH, MH ( Praktisi Hukum / Pengacara Pajak ), Ibu Darmanelly Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Pontianak, Ibu Risna ketua Forum Anak, dan Ibu Iknasia Ketua Ojek dan Buruh pelabuhan Pontianak,
Diskusi mengangkat Thema “Memperkuat Ketahanan Hubungan Industrial antara Pengusaha dan Buruh untuk mengawal Indonesia keluar dari Pandemi Covid 19”

Tujuan diskusi ini, agar masing-masing pihak dapat semakin memahami kebijakan negara, terkait Tenaga Kerja dan dunia usaha serta berbagai kesulitan dilapangan dari bidangnya masing-masing.

Kepada media ini Ketua Apindo Kalbar Andreas Acui Simanjaya menegaskan bahwa APINDO bersama KSBSI Kalbar dan Dinas Nakertrans Provinsi Kalbar berserta jajarannya semakin merapatkan kerjasama dan bergandengan tangan untuk bersama sama Bangsa Indonesia dalam menghadapi dan melewati Pandemi Virus Corona ini dengan baik. Untuk itu jelas Acui, Apindo Kalbar bersama Anggotanya selalu berusaha sekuat mungkin untuk tidak melakukan PHK terkait Pandemi Virus ini. 
“Berdasarkan database Apindo, sampai saat ini perusahaan anggota Apindo tidak ada yang melakukan PHK terkait Pandemi Virus Corona,” terangnya.
Ketua KSBSI Kalbar Suherman dalam diskusinya menjelaskan bahwa, KSBSI adalah wadah perjuangan buruh di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat dengan jumlah anggota 68.000 lebih yang tergabung di 5 federasi. Melihat situasi dan kondisi yang sangat sulit saat ini akibat wabah pandemi covid -19, KSBI Kalbar memutuskan utk tdk melakukan aksi perayaan mayday di tahun ini dan mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing dan tetap mengikuti protokol kesehatan. 
Pihaknya hanya melakukan aksi bhakti sosial,
“Ksbsi kalbar tahun ini hanya menggelar aksi bhakti sosial tepat pada tgl 1 mei 2020 (hari ini), bekerjasama dgn polda kalbar utk pembagian sedikit sembako kepada anggota yg terdampak cobid-19,” jelas Suherman.
Darmanelly Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Pontianak melalui diskusi onlinenya juga menyampaikan Selamat Hari Buruh Internasional 2020, “MayDay kita jadikan hari libur nasional sebagai penghargaan, rasa hormat dan cinta kita pada para pejuang buruh. Mari wujudkan kesejahteraan buruh kita. Bekerja sesuai kemampuan, mendapatkan hak sesuai kebutuhan. Tetap memperhatikan kesehatan buruh perempuan. Lindungi anak dari pekerjaan terburuk sesuai undang-undang.” pesannya.
Risna Ketua Forum Anak Kota Pontianak, menyampaikan, “Saat ini negara Kita dalam kondisi pandemi covid 19, pemerintah pun menghimbau kepada masyarakat untuk diam di rumah, termasuk anak-anak. Sekolah diliburkan, lalu dialihkan Pendidikan secara Online. Terkait dengan Kondisi para pekerja buruh yang dipangkas jam kerjanya, menyebabkan produksi perusahaan menurun. Sehingga, perusahaan mencari tenaga kerja murah paruh waktu, yang biasanya didapat dari anak anak. Sebagai pelopor dan pelapor, saya berharap kepada perusahaan untuk tidak mengambil pekerja dari anak anak. Bagaimanapun, anak dilarang bekerja dalam kondisi apapun, hal ini sudah diatur dengan undang undang,” tegasnya.
Keluh kesah disampaikan oleh Ibu Iknasia Ketua Ojek dan Buruh Pelabuhan Pontianak,
“Yang jelas kami sekarang tidak ada penghasilan, karena tidak ada penumpang yang turun maupun yang berangkat, kami pun belum pernah ada bantuan,( baik sembako nya pun kami tidak pernah dapat ) tidak ada kah BANTUAN buat kami ? buruh, ojek, driver yang ada di pelabuhan tidak di perduli kan, kenapa kami tidak di kasi bantuan ????” ungkapnya kesal.

Ahmad Piter, SH, MH Tokoh Masyarakat, Advokat dan Pengacara Pajak berharap agar pengusaha dan buruh bangkit bersatu membangun negeri sesuai semangat hubungan industria. (Kun)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan