Dukungan Penuh Dari Masyarakat Terhadap Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

60 views


Pontianak, Zonamedianews.com. Presiden Joko Widodo telah menunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri menggantikan Jendral Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada akhir januari mendatang. Penunjukan melalui supres tersebut sudah di terima DPR RI pada Rabu 13 Januari 2021 untuk di proses lebih lanjut. 

Penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Indonesia, mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan masyarakat di seluruh Indonesia. Termasuk masyarakat Kalimantan Barat. 

Ketua paguyuban pemuda sunda Kalimantan Barat Atep Kunaepi, ia menyambut baik keputusan Presiden Jokowi tersebut. 

“Kami mendukung penuh Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk maju sebagai Kapolri,” sebutnya 

Menurut Atep, sosok Listyo Sigit Prabowo akan membawa perubahan di tubuh Polri. 

“Kami yakin Polri akan semakin profesional kedepannya dalam mengayomi masyarakat dan memberikan rasa aman,” tambahnya

Dikutip dari jawapos.com, Sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Kapolri diangkat dan diberhentikan presiden dengan persetujuan DPR. 

”Persetujuan akan diberikan sesuai dengan mekanisme internal DPR,” kata Puan.

Dia menjelaskan, Komisi III DPR ditugaskan untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri. 

Selanjutnya, hasil fit and proper test dibawa dalam rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan dewan. Proses itu bakal berlangsung selama 20 hari.

“Terhitung sejak tanggal surat presiden diterima DPR,” ujarnya.

Puan menuturkan, setiap momentum pergantian Kapolri akan selalu disertai dengan harapan rakyat agar Polri menjadi lembaga yang memiliki integritas dalam mengayomi rakyat. Pihaknya berharap Polri dapat meningkatkan profesionalitas personel, pelayanan publik yang semakin baik, serta rasa aman di dalam masyarakat. (***)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan