Forum DAS Kalbar, Siapkan Bibit Tanaman Upaya Reklamasi DAS

oleh

Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalbar Prof. DR. Ir. Gusti Hardiyansyah, M.Sc.QAM IPU, menyampaikan bahwa pihaknya bermaksud membentuk kelembagaan Forum DAS Kalbar ini sampai ke tingkat Kabupaten. Hal itu penting menurut Gusti Hardiyansyah, agar mudah dalam pengontrolan dan lebih efektif dalam melaksanakan program-program, “Kita ingin membentuk kelembagaan sampai ke tingkat Kabupaten, kalau ada kelembagaan sampai ke kabupaten kita akan mudah mengontrolnya dan lebih efektif dalam melaksanakan program-program.” Demikian Jelaskan Gusti Hardiansyah dalam wawancaranya selepas acara Pertemuan Forum DAS KALBAR di Hotel Golden Tulip Pontianak 8/11/2022.

Terkait kegiatan yang sudah dilakukan oleh Forum DAS KALBAR selama ini, menurut peria yang juga bekerja sebagai Dekan FAKULTAS Kehutanan Untan Pontianak itu, Forum DAS sudah banyak melakukan penanaman-penanaman, “kita bekerjasama dengan masyarakat.” Jelasnya.

Disampaikan juga olehnya, kalau masyarakat mau menanam silahkan, tanaman buah-buahan, tanam kayu, “Buat saja surat ke kita, berapa kebutuhannya.” Terangnya.

Menurut Gusti Hardiansyah pihaknya banyak bibit tanaman, “Bibit kita yang kerjasama dengan BPDAS AL itu paling tidak satu tahun ada 1 juta bibit. Titiknya ada di Sungai Slamet dan di Melawi.” Jelasnya.

“Kalau ada yang mau silahkan ambil saja, gratis, ongkos angkut tanggung sendiri. Jadi sudah banyak kegiatan penanaman yang sudah dilakukan, disamping kegiatan perencanaan.” Katanya.

Forum Koordinasi Pengelolaan DAS merupakan amanat Pasal 57 Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2012 tentang Pengelolaan DAS, mempunyai fungsi untuk: a) Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terkait pengelolaan DAS; b) Memberikan sumbangan pemikiran dalam pengelolaan DAS; dan c) Menumbuh dan mengembangkan peran pengawasan masyarakat dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).(Kun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *