Gedung Baru Kantor CU BIMA Cabang Tempunak Diresmikan Oleh Asisten Dua Setda Sintang

68 views

Sintang-Setelah melalui proses pembangunan, kini gedung baru Kantor CU BIMA Cabang Tempunak di Desa Tempunak Kapuas, Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang, secara resmi diresmikan oleh Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Kamis 21 April 2022. Turut menndampingi Kepala Dinas Disprindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Ir. Arbudin.

Yohanes Damianuas Yudisto Selaku General Manager CU BIMA mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja pengurus Tahun Buku 2021, namun baru bisa diresmikan di Tahun Buku 2022. Ia juga bersyukur pembanguan kantor baru CU BIMA Cabang Tempunak bisa selesai dengan baik, meskipun ada beberapa hal yang perlu finishing lebih lanjut.

               “Yohanes Damianus Yudisto (GM CU BIMA)”

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa saat ini CU BIMA secara keseluruhan memiliki aset sebesar Empat Ratus Tujuh Puluh Dua, Koma Tiga Miliyar. “Aset ini tentu berada di beberapa cabang, di Tempunak ini sebesar Dua Puluh Koma Tiga Miliyar. Sedangkan anggota CU BIMA secara keseluruhan saat ini berjumlah Tiga Puluh Sembilan Ribu Dua Ratus Dua Orang, yang ada di Cabang Tempunak ini Seribu Empat Ratus Sembilan Puluh Dua Orang” ujar Damianus Yudisto.

Sedangkan Jumlah Pinjaman Beredar dari total aset CU Bima, berjumlah tiga ratus lima puluh dua koma tujuh miliyar secara keseluruhan sedangkan yang beredar di Cabang Tempunak sebesar Sembilan Koma Tujuh Miliyar. “Artinya Delapan Puluh Persen Aset CU BIMA berada ditangan anggota,” ujar Yudisto.

“Dari Aset yang sekian ratus Miliyar tadi beredar di beberapa cabang dimana kantor cabang kita berjumlah 26 Cabang, Cabang pembantu 16 kantor, kantor kas ada 7 kantor nanti dibulan Mei kita akan buka lagi dua kantor kas yaitu di Nanga Serawai, dan di Kecamatan Sokan,” tambah dia.

Yudisto juga menjelaskan bahwa CU BIMA saat ini sudah memiliki izin tingkat nasional, artinya KOPDIT BIMA sudah bisa buka pelayanan di seluruh Indonesia.

             “Yustinus Jukardi (Asisten Dua Setda Sintang)”

Sementara itu, Bupati Sintang melalui Sambutanya yang dibacakan oleh Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus mengatakan dengan telah diresmikan gedung baru ini tentunya CU BIMA Tempunak dapat mengoptimalkan usaha perkoprasian sesuai dengan azas koperasi, dimana koperasi harus meningkatkan kesejahtraan anggota. Selain itu ia berharap kepada seluruh anggota koperasi dapat lebih memanfaatkan keberadaan koperasi ini, sehingga koperasi CU BIMA dapat lebih maju dan baik dari sebelumnya.

Dikatakannya, berdirinya sebuah koperasi bertujuan untuk mensejahtrakan anggotanya, masayarakat serta turut membantu tatanan perekonomian nasional. Oleh sebab itu koperasi diharapkan berperan aktif dalam menaikan taraf hidup masyarakat.

“Saya berharap dengan berdrinya gedung baru Kantor Cabang Tempunak ini, semakin menguatkan bertumbuhan koperasi yang sehat dan bermutu di daerah ini. Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat merupakan salah satu pilar ekonomi yang senantiasa mendapatkan perhatian serius dari pemerintah,” kata Yustinus.

Lanjut Yustinus, salah satu upaya pemerintah mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan dilakukan melalui program-program pemberdayaan ekonomi kerakyatan, diantaranya melalui pemberdayaan koperasi. Melalui koperasi ini, daharapkan bisa mendukung upaya pencapaian visi misi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Dirinya berpesan agar Koperasi kredit CU BIMA harus berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja serta peningkatan kesejahtraan ekonomi masyarakat. Koperasi harus bisa mengahadapi tantangan ditengah kehidupan masyarakat, bisa menjamin pemberataan ekonomi serta mewujudkan keadilan sosial.

“Saya berharap, mudah-mudahan KOPDIT BIMA, semakin jaya, berkembang, serta mampu membangkitkan perekonomian masyarakat kembali, secara khusus masyarakat di Kecamatan Tempunak ini,”

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang, Ir. Arbudin, kepada Wartawan Usai mengikuti acara peresmian tersebut, ia mengatakan dengan diresmikan gedung baru Kantor CU BIMA Nanga Tempunak menandakan bahwa CU BIMA berkembang sedemikian besar, dan berdampak positif bagi masyarakat khususnya di Tempunak.

Arbudin berharap dengan adanya kantor baru ini CU BIMA akan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi para anggota dan juga tentunya memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar, khususnya di Kecamatan Tempunak.

“Kepada pihak CU baik itu management dan pengurus agar selalu menjaga amanat yang dipercayakan oleh anggota, dalam mencapai tujuan dari CU itu sendiri yaitu meningkatkan kesehatraan masyarakat atau anggotanya,” ujar Arbudin.

Ia menegaskan para pengurus CU BIMA harus tetal konsisten menjaga kepercayaan agar CU BIMA lebih diterima dengan luar biasa oleh masyarakat dan akan terus maju dan berkembang. (Andi)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan