Gubernur Kalbar Lantik Pengawas dan Dewan Hakim Pelaksanaan MTQ

oleh -46 views

Sintang, Zonamedianews.com–Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melantik Pengawas Dewan Hakim dan Dewan Hakim pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 di Pendopo Bupati Sintang, Jumat Malam, 10 Desember 2021.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor: 1459/KESRA/2021 tentang Penunjukan Pengawas Dewan Hakim dan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 di Kabupaten Sintang.

Pada SK Gubernur Kalimantan Barat tersebut ada 16 orang dilantik sebagai Pengawas Dewan Hakim dan 104 Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 di Kabupaten Sintang.

Sutarmidji, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar dewan hakim bisa bekerja sesuai dengan sumpah yang diucapkan saat pelantikan. “Saran saya untuk pembinaan kedepan, saat peserta lomba ada catatan tentang kesalahan bacaan, untuk dijadikan evaluasi perbaikan ke depan. Kenapa nilainya kurang, dicatat untuk bahan evaluasi dan pembinaan ke depan. Dengan demikian, kita bisa cepat memperbaiki kelemahan para peserta MTQ saat ini,” harap Sutarmidji.

“Saya juga berharap, kita tetap menjaga protokol kesehatan. MTQ ini agar tetap memperhatikan protokol kesehatan agar kita terhindar dari penyebaran covid-19. Tetap menggunakan masker, panitia harus ekstra, michropon habis digunakan, harus disterilkan. Jangan anggap remeh,” tambah dia.

Lanjut Sutarmidji, pembinaan harus tetap ditingkatkan dan mengembalikan kejayaan Kalimantan Barat dalam MTQ Tingkat Nasional maupun Internasional. “Saya ingin kita memiliki Qori dan Qoriah yang berkualitas. Perbaikan peringkat di nasional agar dilakukan, jangan berhenti. Ketika ada MTQ, semua jenis lomba, Kalbar harus ikut semua. Jangan ada jenis lomba yang kosong. Kalau kemarin ada yang kosong, bina mulai sekarang, kalau bisa mendatangkan pelatih dari luar Kalbar pun tidak apa, untuk jenis lomba yang kita belum pernah ikut dan belum mempunyai bibit unggul,” ujarnya.

“silakan LPTQ Kalbar mendatangkan pelatih dari luar. Karena kita pasti ada kekurangan. Dan yang diambil menjadi pelatih, mereka harus sudah teruji. Dewan Hakim saya minta sering diskusi untuk mencari solusi dari kelemahan peserta sehingga mereka tidak hilang, ketika sudah tidak juara, mereke tenggelam, karena tidak ada pembinaan padahal mereka masih muda,” tutupnya.

Ditempat yang sama Bupati Sintang Jarot Winarno, menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021.
“tema MTQ XXIX yang kita usung yaitu “Aktualisasi nilai-nilai universal Al-Qur’an dalam bingkai kehidupan yang religius, rukun dan damai”. Melalui tema ini, kita terus berikhtiar membentuk “generasi Qur’ani” di Kalimantan Barat yang kita cintai,” terang Jarot.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak semua pihak, terutama dewan hakim dan pengawas dewan hakim MTQ XXIX, mari kita sukeskan MTQ XXIX ini baik sebagai syiar, ibadah dan sekaligus dakwah kebangsaan. Semoga penyelenggaraan MTQ XXIX ini membawa berkah untuk kita semua,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.