Info Terkini Banjir Di Sintang

142 views
Sintang, Zonamedianews.com.. Rabu (15/7/2020) pagi, Bripka Gusti Heri menggendong anak SD menyeberang badan jalan yang tergenang air. KSPK II Polsek Tempunak itu sedang berpatroli mengecek debit air. Kecamatan Tempunak salah satu dari beberapa kecamatan yang saat ini mengalami banjir sebagian karna hujan deras sebagian lagi disebabkan kiriman air dari daerah perhuluan sungai. 
Di wilayah Desa Nanga Tempunak dan Desa Tempunak Kapuas, Kecamatan Tempunak, terpantau debit air sungai naik setinggi 50 centimeter di jalan dan mulai masuk ke rumah-rumah warga. 
“Apapun kita lakukan untuk warga binaan kita, mulai dari himbauan hingga proses evakuasi warga, juga termasuk menolong anak sekolah saat menyeberangi banjir. Sebagai langkah antisipasi, kita akan melaksanakan patroli rutin baik siang maupun malam serta mengimbau warga agar selalu waspada,” kata Kapolsek Tempunak Iptu Supriyanto
Dari Ketungau Hilir, kondisi banjir terbaru bantaran air Sungai Ketungau di Desa Nanga Ketungau sudah mencapai 80 hingga 100 centimeter. Anggota Polsek Ketungau Hilir sudah menggunakan perahu untuk patroli mengecek debit air. Ada sekitar 30 rumah warga yang sudah terendam.  
“Berdasarkan informasi tidak ada korban jiwa. Warga yang rumahnya terkena banjir di himbau untuk mengungsi ke rumah tetangga atau keluarga yang lebih tinggi,” kata Iptu Supoyo Kapolsek Ketungau Hilir. “Ketinggian air cukup tinggi, beruntung dengan alat bantu perahu bisa di gunakan untuk sarana transportasi dalam berpatroli, sampai sejauh ini tak ada laporan ‎adanya gangguan kamtibmas di wilayah terdampak banjir. Patroli ini bertujuan mengantisipasi adanya gangguan kemanan di lingkungan rumah warga yang terdampak banjir,” tambahnya.
Daerah perhuluan kembali di siap siaga banjir. Setelah sempat surut, Rabu (15/7/2020) setelah semalaman diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Desa Nanga Kemangai Kecamatan Ambalau kembali waspada atas meluapnya air Sungai Melawi. 
“Air sungai yang beberapa hari ini mulai surut kembali naik subuh tadi sekitar pukul 04.00 wib,” ungkap Brigadir Marten selaku Bhabinkamtibmas di Desa Nanga Kemangai. “Dari keterangan warga yang baru datang ke Kemangai tadi pagi, Sungai Melawi, Sungai Gilang dan Sungai Ambalau mengalami pasang besar, nampaknya hujan merata di Kecamatan Ambalau, ” terangnya lagi.
Dari Sepauk sebagai titik paling hilir Kabupaten Sintang air juga sudah mulai meninggi. Dilaporkan dari personil Polsek Sepauk bahwa debit air di sungai Sepauk dan sungai Kapuas semakin meninggi dan mulai menggenangi jalan raya. (Red)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan