Jelang Natal dan Tahun Baru, Dewan Imbau Pedagang Tidak Timbun Sembako

oleh

SINTANG-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang Welbertus mengimbau seluruh pedagang di kabupaten tersebut untuk tidak melakukan penimbunan bahan pokok apalagi menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2022.

Menurut Welbertus, mengingat saat ini harga sejumlah bahan pokok di berbagai sarana penjualan baik di pasar tradisional maupun di toko-toko modern diprediksi akan naik bahkan sudah beberapa jenis bahan pokok sudah merangkak naik seiring mulai meningkatnya permintaan jelang Nataru.

“Pedagang saya imbau tidak melakukan spekulasi dengan menimbun bahan-bahan pokok agar dapat dijual saat harganya naik,” katanya pada media ini Kamis, (17/11/2022)

Ia menyatakan para pedagang tidak boleh mencari keuntungan besar dengan menimbun bahan-bahan pokok untuk kemudian dijual saat harganya telah melambung tinggi sebab itu menyusahkan masyarakat apalagi yang berpenghasilan menengah ke bawah.

“Namun jika naiknya tidak seberapa dan masih bisa dijangkau oleh semua kalangan masih dianggap wajar karena hukum permintaan dan penawaran berlaku yakni saat permintaan terhadap suatu barang tinggi sementara ketersediaannya kurang maka akan menyebabkan harganya naik,”ujar Politisi Partai PDI-P ini

Pantauan media ini mulai terjadi kenaikan harga beberapa komoditi di sejumlah pasar yang ada di Sintang, Bawang merah yang semula hanya kisaran harga Rp. 35 ribu per kilo gram merangkak naik hingga Rp. 45 ribu per kilo gram terjadi kenaikan harga 10 ribu per kilogram nya.

Kemudian terjadi kenaikan harga pada beras premium yang semula per karung 5 kg yang semula 63 ribu per karung sekarang naik menjadi Rp. 69 ribu terjadi kenaikan Rp. 6 ribu. Cabai rawit super yang awalnya berkisar Rp. 35 ribu naik 50 persen menjadi Rp. 75 ribu per kilogram nya. Kemudian daging Ayam potong yang awalnya Rp. 38 ribu perkilogramnya sekarang naik menjadi Rp. 45 ribu perkilogramnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *