Jelang Pilkada, Roni Minta Kades dan BPD Tetap Netral

185 views

Sintang, Zonamedianews.com. Menjelang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkolanus Roni, S.H.,M.Si, menghimbau agar para Kepala Desa, serta BPD dan perangkat Desa lainya tetap jaga netralitas.

Sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, dikatakan Roni bahwa jelas Jepala Desa, BPD dan Perangkat Desa tidak boleh terlibat politik, baik sebagai tim kampanye, maupun pengurus partai politik. Hal ini dijelaskan Roni saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (01/10/2020).

Yohanes-Syarifudin Bersama Tim Koalisi Resmkina Posko Kemenangan Di Kelam Permai

Sutarmidji Lantik Yohanes Budiman Sebagai PJ Bupati Bengkayang

Untuk mempertegas Undang-undang tersebut dijelaskan Roni bahwa saat ini sedang disiapkan surat edaran Bupati.

“Sebenarnya surat edaran Bupati itu hanya untuk mengingatkan kembali, karena memang di dalam Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, itu sangat jelas, apa saja larangan bagi Kepala Desa, BPD dan perangkat Desa termasuk.larangan dalam berpolitik, tetapi silahkan gunakan hak pilih masing-masing lada hari pencoblosan nanti,” kata Roni.

Roni menegaskan apabila ada Kepala Desa maupun BPD dan perangkat Desa lainnya yang terbukti terlibat politik praktis maka sesuai dengan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, yang bersangkutan akan diberikan sanksi mulai dari, teguran, pemanggilan bahkan sampai pada pemberhentian. (Andi)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan