Kadis Perindagkop dan UKM Usulkan Bangun Rumah Tenun di Sintang

62 views

Sintang, Zonamedianewsm.com–Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sudirman turut hadir saat Pelaksana Harian Bupati Sintang Yosepha Hasnah,  menerima Bantuan Program Sosial dari Bank Indonesia (PSBI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Rabu, 6 Oktober 2021.

Bantuan dan program yang diperuntukan bagi Kelompok Wanita Prakarya Desa Umin Jaya tersebut sudah berlangsung dengan baik.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sudirman menjelaskan bahwa Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat sedangkan mengerjakan pilot project berupa pengembangan ekonomi dan keuangan di Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai.

“Kabupaten Sintang memiliki produk unggulan salah satunya adalah kain tenun. Saat diminta oleh Bank Indonesia, kami usulkan pengrajin tenun di beberapa lokasi di Kabupaten Sintang ini. Namun setelah melalui survey ke lokasi, Bank Indonesia Perwakilan Kalbar memilih para pengrajin yang ada di Desa Umin Jaya dijadikan pilot project pengembangan tenun ikat yang akan dibina langsung oleh Bank Indonesia,” terang Sudirman.

Dikatakannya, kegiatan ini sudah dimulai sejak awal tahun 2021 ini. “Kami bersama Bank Indonesia sudah melakukan beberapa kegiatan seperti asesmen, pelatihan inklusi keuangan, kegiatan kewirausahaan, dan terakhir pelatihan pewarnaan tenun pada Kelompok Wanita Prakarya Desa Umin Jaya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa program ini sangat membantu dalam rangka mendorong produk unggulan khususnya tenun ikat.

“Kami sangat berterima kasih atas program ini, dan sesuai dengan prime mover Bupati Sintang yakni hilirisasi produk. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia ini sangat menyeluruh. Ada keinginan kami dan para penenun, agar Kabupaten Sintang bisa membangun Rumah Tenun yang bisa dibangun atas CSR Bank Indonesia dan tentunya ada campur tangan Pemkab Sintang juga. Mohon bantuan agar rencana pembangunan Rumah Tenun ini bisa diwujudkan,” tambah Sudirman.

“Atas program yang sudah berjalan ini, kami juga sudah melakukan evaluasi bersama dengan Bank Indonesia. Mudah-mudahan masukan, saran dan evaluasi yang sudah dirumuskan kemarin bisa membuat program ini lebih berhasil lagi ke depan,” pungkasnya. (Red)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan