Kapolsek Hadiri Sosialisasi Karhutla

75 views

Sintang, Zonamedianews.com. Kapolsek Binjai Hulu, Iptu Budi Santoso menghadiri acara sosialisasi pencegahan dan pengendalian Karhutla lintas kecamatan di kantor PT Adinusa Cakra Mandiri di Desa Sungai Risap Mensiku Bersatu, Rabu (12/8/2020). Dalam sosialisasi ini PT. ACM bersinergi dengan dua kecamatan, Kecamatan Binjai Hulu dan Kecamatan Sepauk serta perangkat desa setempat.  

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini Kapolsek Binjai Hulu menyampaikan materi seputar tentang Pergub Kalbar Nomor 103 tahun 2020 tentang pembukaan lahan dengan kearifan lokal dan Perbup Sintang Nomor 31 tahun 2020 tentang tata cara pembukaan lahan. 

Dalam peraturan-peraturan tersebut, setiap warga masyarakat petani tradisional yang melakukan kegiatan pembukaan lahan dengan cara pembakaran  terbatas dan terkendali harus memperhatikan dengan sungguh -sungguh kearifan lokal. Kades dibantu kadus, perangkat desa mendata masyarakat petani tradisional yang akan melakukan pembukaan lahan dengan cara pembakaran terbatas dan terkendali di wilayahnya. 

“Setiap petani tradisional wajib melapor kepada Kades wilayah setempat pada saat pembakaran lahan, mentaati ketentuan dalam pembukaan lahan dengan cara membakar lahan secara terbatas dan terkendali tidak membakar lahan gambut dan pada saat cuaca ekstrim panas,” ucap Iptu Budi.

Selesai acara sosialisasi tentang penanganan karhutla pada hari yang sama dilakukan pengecekkan kesiapan alat pemadam api bila terjadi kebakaran hutan dan lahan milik PT ACM.

“Menurut operator alat dan staff gudang menjelaskan kegunaan masing masing alat, dan semuanya masih berfungsi dengan baik dan siap digunakan kapan pun akan di pakai, secara umum sudah siap mengantisipasi bahaya karhutla di wilayah kerjanya, “ ungkap Iptu Budi.

Tampak hadir dalam acara tersebut, kanit Binmas Aipda J. Supento, Camat Binjai Hulu, Kusnidar dan Camat Sepauk, Cing Han serta sejumlah tamu undangan lainnya. (Red)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan