Kawal Pilkada Sekadau, Pemantau Fordem-Kalbar Terjunkan Tim Khusus ke Lapangan

220 views

 

Sekadau, Zonamedianews.com. Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sekadau mendapat pengawalan khusus dari Fordem-Kalbar, hal ini dikatakan Erasmus Endi Dacosta, Ketua Umum Fordem Kalbar saat di temui dikediamannya di Sintang, Sabtu (05/12/2020).

Ia mengatakan untuk Pilkada Sekadau, Fordem-Kalbar adalah satu-satunya Pemantau yag resmi dan terakreditasi oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau lewat Sertifikat Akreditasi Nomor : 350/PP.03.2/6109/KPU-Kab/XII/2020.

“Menindaklanjuti hal itu untuk teknis dilapangan, kita segera turunkan Tim Khusus yang akan bergerak memantau pelaksanaan teknis penyelengaraan pemungutan suara di tps-tps yang ada di Kabupaten Sekadau,” ujar Endi.

Endi menyebutkan tujuan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan-kecurangan baik itu sebelum pencoblosan, saat pencoblosan dan pasca pencoblosan Surat suara. 

“Selaku Pemantau kita bekerja dan bertindak sesuai koridor yang ada, untuk pelaksanaan teknis pemantauan kita tetap mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang ada dan berlaku, termasuk ketetapan Komisi Pemilihan Umum yang menjadi pedoman teknis pelaksanaan kegiatan pemantauan dilapangan,” jelasnya.

“Intinya kita wajib mengikuti prosedur yang ada, dan jika saja terjadi dugaan kecurangan maka kita akan berkoordinasi dengan Panwas setempat dan jika terjadi gangguan keamanan maka koordinasi dan komunikasi aktif akan kita lakukan dengan Pihak Kepolisian, hal ini penting dilakukan karena proses Pemantauan, Pengawasan dan Pengamanan adalah 3 hal yang mesti di sinergikan dengan baik sehingga langkah antisipasi bisa optimal dan maksimal dilakukan dilapangan,” tegas Endi.

Endi menambahkan, ada beberapa tempat yang akan kita terjunkan Tim Khusus untuk melakukan fungsi monitoring, dimulai tanggal 7 Desember kemarin sudah masuk ke wilayah-wilayah tertentu untuk melakukan monitoring secara tertutup. (Red)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan