KLH Terus Berupaya Jaga Kawasan Hutan Kalbar

65 views

“1,2 Juta Hektare Kawasan Hutan Kalbar, Merupakan Lahan Kritis

Pontianak, Zonamedianews.com—-Kepala dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat H. Adi Yani mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menjaga kawasan hutan di wilayah Kalbar. Untuk itu pihaknya terus berkoordinasi dengan 17 KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) yang tersebar di seluruh wilayah Kalbar.

“Kita selalu berusaha agar hutan di Kalbar ini tetap terjaga, untuk itu kita melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait salah satunya dengan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH). Upaya yang kita lakukan, salah satunya merehabilitasi hutan-hutan kritis dengan cara penanaman kembali.” Demikian dijelaskan M.Yani dalam wawancaranya Selasa 8/6/2021 di Hotel Gulden Tulip Pontianak.

Dijelaskannya, bahwa Kalbar memiliki kawasan hutan seluas 8 jt ha. yang terbagi dari bermacam-macam format, ada hutan produksi, hutan konservasi, dan ada hutan lindung.

Dari 8 jt ha kawasan hutan itu, 1,2 jt ha merupakan lahan kritis. Lahan hutan, tapi tidak ada tanamannya lagi berdasarkan Permen LH thn 2018.

Upaya lain untuk menjaga kawasan hutan, menurut Yani yaitu dengan melakukan pemberdayaan masyarakat kawasan hutan lewat perhutanan sosial.

Perhutanan sosial membantu masyarakat di dalam kawasan hutan dengan memberdayakan mereka agar tidak lagi menebang pohon di hutan, tapi mendapatkan hasil dari hutan itu, namanya hasil bukan kayu, seperti damar, madu, rotan dll.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa secara umum, kawasan hutan di Kalbar setiap tahun mengalami penurunan/fegitasi. Hal itu seiring bertambahnya penduduk yang memerlukan pembukaan hutan untuk pemukiman baru. (Kun)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan