Kunjugi Polres Sintang, Kapolda Kalbar Sampaikan Pilkada Kali Ini Darurat Kesehatan

182 views

Sintang, Zonamedianews.com. Kapolda Kalimantan Barat Irjen. Pol. Dr. Drs. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si melakukan pengecekan personil Polres Sintang yang mana masuk dalam agenda Kunjungan Kerja meninjau situasi kamtibmas menjelang Pilkada Serentak 2020 di wilayah hukum Polda Kalbar.

Dalam kunjungannya, Kapolda Kalbar mengecek satu persatu kesiapan Polres Sintang mulai dari personilnya hingga kelengkapan yang akan dibawa pada saat pengamanan di lokasi TPS nantinya.

“Tujuan kunjungan kami ke sini adalah melakukan pengecekan kesiapan rangkaian Pilkada Sintang. Di mana besok sudah memasuki minggu tenang tanggal 7 dan 8, yang mana tanggal 9 nantinya akan masuk dalam tahapan pencoblosan,” ucap Irjen Pol Sigid.

Usai melakukan pengecekan kepada setiap personil Polres Sintang, Kapolda Kalbar juga tidak luput memberikan arahan terkait apa saja yang harus dilakukan oleh personil baik itu dari Polres Sintang ataupun BKO Polda.

Salah satu hal yang diingatkan Irjen Pol Sigid ialah 15 hal baru yang masuk dalam PKPU yang mana fungsi dari Kepolisian selain mengamankan jalanya kegiatan pencoblosan juga harus menerapkan sebaik mungkin kepada masyarakat terkait 15 hal baru.

“Pilkada Serentak kali ini bisa dibilang dalam situasi yang bisa dikatakan luar biasa dan kondisi yang sangat unik karena pengamanan kali ini tidak seperti pengamanan Pilkada sebelum-sebelumnya mengingat kondisi yang kita hadapi yaitu darurat kesehatan Covid-19,” ujar Irjen Pol Sigid.

“Dalam menyikapi ini munculah 15 hal baru yang telah diatur dalam PKPU dimana Kepolisian berfungsi ganda selain mengamankan TPS, kita juga diminta menerapkan sebaik mungkin 15 hal ini di masyarakat yang akan berpartisipasi dalam mencoblos” tambahnya.

15 hal baru ini beberapa diantaranya adalah maksimal TPS 500 orang, kehadiran pemilih diatur, KPPS dilakukan rapid tes dan swab, petugas dan masyarakat yang datang wajib masker, petugas KPPS wajib menggunakan sarung tangan dan masih banyak lagi yang mana tercantum didalam buku panduan personil Polri yang wajib diketahui.

Tidak lupa orang nomor satu dijajaran Kepolisian Daerah Polda Kalbar ini mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Polres Sintang yang telah berusaha semaksimal mungkin dalam kesiapan Pilkada Serentak 2020 ini dengan mendatangi personil Polres Sintang yang akan bertugas dan menanyakan terkait lokasi, situasi, tingkat kerawanan dan pola pengamanan yang akan diberlakukan di TPS nantinya.

Terakhir Kapolda Kalbar Irjen Pol Sigid juga mengingatkan kepada personil yang mengamankan TPS untuk terutama menjaga kesehatan nya.

“Untuk personil yang melakukan pengaman di TPS harus jaga kesehatan nya jangan sampai selesai melakukan pengamanan kalian terpapar virus maka dari betul-betul pedomanilah protokol kesehatan karena bagaimanapun kita wajib menjaga kesehatan diri kita, keluarga dan kembali saya tekankan kesehatan kesatuan kita,” Jelas Irjen Pol Sigid. (*)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan