Lestarikan Lingkungan, Kapolres Sintang Ajak Tanam Pohon

117 views
SINTANG. Bertempat di Polres Sintang dan Asrama Polisi sekitar, Kabupaten Sintang, jajaran Polres Sintang yang dipimpin langsung Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi, SIK. MH, menggelar penanaman kurang lebih 5000 pohon produkti dalam rangka program Polri Peduli Penghijauan sekaligus memperingati hari Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh tepat pada hari ini, Jum’at (10/1/2020).
Penanaman Pohon yang diselenggarakan oleh Polres Sintang ini sendiri turut mengundang seluruh Instansi dan pejabat-pejabat yang ada di Kabupaten Sintang seperti Bupati Sintang, Dandim 1205/Stg, Danyon 642/Kapuas, Waka Polres Sintang, PJU Polres Sintang, Kadis Penataan Ruang dan Pertanahan Sintang, Kabid Pengembangan Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan, Perwakilan Kejaksaan Negeri, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Ketua Bhayangkari Cabang Sintang, untuk ikut serta dalam melakukan penanaman Pohon ini.

Perlu diketahui bahwa program ini sendiri sangat bermanfaat apalagi khususnya di kalimantan yang notabenenya menjadi paru-paru dunia selain hutan amazon.

Penanaman pohon tersebut juga tidak lain untuk mengantisipasi terjadi bencana alam seperti banjir ataupun tanah longsor.

“Kegiatan menanam pohon ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Polri tentang Penghijauan Nasional, harapannya semoga dengan kita menanam pepohonan dapat membuat kita menjadi baik, sehingga kita menjadi nyaman dan aman,” Ujar Kapolres AKBP Adhe Hariadi, S.I.K., MH.

Selanjutnya Kapolres, pihaknya menjelaskan selain dalam rangka hari sejuta pohon se dunia, penanaman pohon ini juga untuk menindak lanjuti program Kapolri, kegiatan penanaman pohon juga dilakukan dengan tujuan pelestraian lingkungan.
“Dengan kegiatan penanaman pohon ini, kita juga bisa menunggu kelestarian alam, dan lingkungan alami,” harapnya.
“Karena di Kalimantan khususnya Sintang juga jarang kita dengar bencana alam seperti tanah longsor jadi sebagian besar pohon yang kita tanama adalah bibit produktif seperti Mangga, Jambu, Nangka, Sawo, Alpukat, Rambutan, Mahoni, Meranti Sengon dan masih banyak lagi jenisnya,” tambah Kapolres.
Dalam kegiatan itu juga, Kapolres menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitar khususnya di Kabupaten Sintang, biarpun jarang terdengar bencana alam seperti tanah longsor tetapi tidak menghindari bencana ringan lain seperti banjir dan lain-lain jadi alangkah baiknya dengan penanaman pohon ini bisa menjadi langkah antisipasi bencana-bencana lain

Selain itu diakhir kalimat Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada instansi terkait khususnya Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) yang telah membantu atau menyumbangkan bibit-bibit pohon dalam rangka mendukung kegiatan di Hari Sejuta Pohon Sedunia ini. (Rilis Humas Polres Sintang)

Berita

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan