LPPM UNKA, MoU dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sintang

102 views

Sintang, Zonamedianews.com—Lembaga Penelitian dan pengabdian masyarakat  (LPPM) Universitas Kapuas (UNKA) Sintang menjalin kerja sama dengan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, hubungan kerja sama tersebut di lakukan dengan penandatanganan MoU secara perdana antara LPPM UNKA dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang, Rabu 21 April 2021, di ruangan LPPM Kampus UNKA Sintang.

Kepala LPPM UNKA Sintang, Dr. Pether Sobian, S.Th., M.Th, mengatakan MoU ini adalah sebagai payung hukum, yang nantinya akan implementasikan kedalam bentuk perjanjian kerja sama (PKS). “Didalam perjanjian kerja sama nanti akan memuat hal-hal teknis yang kita lakukan, dan atas persetujuan bersama terkait dengan kerja sama,” ujar dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan mahasiswa PKN UNKA Sintang, nantinya akan dibekali oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, untuk melakukan literasi. “Sebagai tenaga literasi yang mewakili Dinas sekaligus juga mewakili Universitas untuk memberikan pemahaman yang baik, yang kepada masyarakat agar masyarakat mencintai buku, mencintai membaca kira-kir begitu,” tambahnya.

Selain itu, Pether Sobian menjelaskan tujuan MoU ini juga menumbuh kembangkan minat baca dan kecintaan para mahasiswa terhadap buku. “Inilah yang akan kita implementasikan didalam perjanjian kerja sama nantinya,” tutup Peter Sobian.

Ditambahkan oleh Wakil Rektor I (Satu) Aida Fitriani, S.Sos., M.Si, mengatakan manfaat dari kerja sama tersebut, salah satunya adalah tuntutan akreditasi perguruan tinggi dan tuntutan akreditasi program studi, yang mewajibkan adanya kerja sama baik kerja sama dalam negeri maupun luar negeri. “Yang sifatnya pengembangan program studi atau pengembangan Universitas,” ujar Aida.

Dikatakan Aida, saat ini akreditasi mewajibkan kerja sama tersebut tidak hanya sekedar penandatanganan MoU, tetapi aplikasi dari pada kerja sama tersebut. “Minimal di evaluasi setiap enam bulan sekali, nanti ada semacam rencana kerja tahunan (RKT) dari MoU itu, kemudian dievaluasi setiap enam bulan ini wajib,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Iwan Setiadi, S.E.,M.Si mengucapkan terimakasih kepada LPPM UNKA Sintang,  yang telah melakukan penandatanganan MoU dengan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang.

“Pertama adalah bagaimana kita membuka jalan untuk meningkatkan literasi masyarakat Kabupaten Sintang, tentunya apa yang telah kita lakukan hari ini, yaitu penandatanganan nota kesepahaman tersebut. Kami sudah memiliki yang namanya sahabat Library Networking, tentunya dengan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman tersebut, UNKA Sintang termasuk didalam jejaring perpustakaan atau sahabat Library Networking, jejaring Perpustakaan Sintang yang sudah dibentuk,” ujar Iwan.

Ia berharap kedepannya adanay sebuah aplikasi lapangan. “Atau praktek-praktek lapangan yang benar-benar sangat berguna dan bukan hanya bagi kedua lembaga tersebut, tetapi bagaimana dampak kepada masyarakat,” pungkasnya. (Andi)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan