Markus Jembari Apresiasi Demo Penolakan RUU Cipta Kerja

143 views

Sintang, Zonamedianews.com. Anggota DPRD Kabupaten Sintang Markus Jembari, mengapresiasi aksi unjuk rasa penolakan Racangan Udang-undang Cipta Kerja yang dilakukan oleh massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Rakyat dan Buruh (Amarah), dihalaman Kantor DPRD Sintang, Jumat (09/10/2020).

“Saya mengapresiasi apa yang disampaikan  oleh rekan-rekan mahasiswa yang tergabung dalam Amarah, tentunya mereka membawa aspirasi yang sama dengan di daerah-daerah lainnya di Indonesia dimana mereka menolak RUU Cipta Kerja tersebut,” ujarnya.

Dikatakan Markus, RUU Cipta Kerja dibuat belum mengakomodasi kepentingan secara luas, kalaupun dibahas dimana pembahasannya terkesan secara tertutup. “Artinya belum mengakomodasi semua kepentingan di situ baik pengusaha maupun pekerja,” kata Markus Jembari.

Selain itu kata Markus, RUU Cipta kerja juga tidak mencerminkan nilai Sila kelima sebagai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, “Pasal-pasal didalam RUU Cipta Kerja lebih berpihak kepada kaum Kapitalisme dan Libralistik,” tambahnya. 

Undang-undang Cipta Kerja juga banyak merugikan kaum buruh, dimana hak-hak buruh dikerdilkan, “Salah satu contoh misalnya pesangon, kalau didalam undang-undang nomor 13 tahun 2013, itu tiga puluh dua gaji sedangkan didalam RUU Cipta Kerja hanya enam belas gaji yang diakomodir, sedangkan sisa Pemerintah disuruh tanggung,” tukasnya 

Hal ini menurut Masrkus, sangat merugikan dimana ditengah negara Indonesia yang sedang mengalami devisit ekonomi sangat luar biasa dampak dari Covid-19 hingga saat ini. (Andi)

Parlemen

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan