Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMP St. Donbosco Fakfak Tahun Ajaran 2020/2021

185 views
Fakfak Papua Barat, Zonamedianews.com. Bertempat di ruang kerja Kepala Sekolah SMP St Donbosco Kabupaten Fakfak Bapak Manfret.Harbelubun,SP.d di temui Wartawan Senin pagi (13/7/2020), mengatakan, Apel Pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Sumber SMP St.Donbosco Kabupaten Fakfak
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan serupa dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).
MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut.
Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.
 Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung. Di sekolah tertentu, terkadang MPLS hanya dilaksanakan oleh pihak guru dan kepala sekolah saja, baik dengan atau tanpa bantuan keterlibatan kelompok OSIS.
Upacara Pembukaan MPLS, Sumber Dokumentasi SMP St.Donbosco Fakfak
Tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah,
Mengenali potensi diri siswa baru;
Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. 

“Kegiatan MPLS dilaksanakan selama 3 hari dengan pembagian kelompok yang masing  sebanyak 42 orang dan dari 42 orang dibagi lagi menjadi 2 kelompok untuk menerima materi pengenalan lingkungan sekolah serta pelatihan kelas online,” terangnya. (Amatus Rahakbau)

Breakingnews Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan