Musrenbang Kecamatan Sintang Bahas Peningkatan Inprastruktur dan Ekonomi Kreatif

152 views

SINTANG, ZONANEDIANEWS. Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Sintang, mengangkat tema peningakatan inprastruktur dasar, sumber daya manusia, dan ekonomi kreatif didukung dengan keterbukaan pemerintahan menuju Sintang berkelanjutan.
Musrembang tersebut dihadiri oleh Sekcam Sintang, Kades dan BPD serta para Lurah se Kecamatan Sintang, OPD terkait lainya, Anggota DPRD Sintang, Welbertus, S.Sos., Gulam Rajiq, ST, Drs. H Senen Maryono, M.Si. dan Rosinta, bertempat di aula Balai Pertemuan Kantor Desa Baning Kota, Senin (10/02/2020).
         Camat Sintang  Dra. Siti Musrikah, M.Si
Camat Sintang Dra. Siti Musrikah, M.Si kepada media ini mengatakan bahwa musrenbang tingkat Kecamatan ini merupakan kelanjutan dari musrenbang tingkat Desa maupun Kelurahan. Dimana usulan dari Desa dan Kelurahan telah masuk kedalam simbral maka kemudian dilanjutkan dengan musrenbang tingkat Kabupaten.
Ia juga meminta agar pihak Desa Maupun Kelurahan selalu optimis dalam mengusulkan pembangunan di Desa atau Kelurahannya masing-masing. Ia mengatakan dengan dana dan anggaran yang terbatas dan bagi dengan daerah yang sangat luas tentu ada diantaranya yang menjadi prioritas dan sekala prioritas. 
Melalui musrenbang ini Siti menegaskan kepada para Kades maupun Lurah bahwa usulan suatu program pembangunan harus disusun melalui mekanisme perencanaan untuk menyinkronkan antara bat then up dengan top down planing. 
“Kita berharap agar kedepannya menjadi lebih baik lagi, mengingat dalam musrenbang ini juga di hadiri oleh empat anggota DPRD Dapil Satu Sintang, beliau-beliau inilah yang akan membantu mengeksikusi apa yang menjadi sekala prioritas di Desa-Desa maupun Kelurahan mengingt itu semua menjadi tanggung jawab mereka selaku wakil rakyat.” ujar Siti. 
Dikatakannya dari beberapa usulan yang di terima dari Desa maupun Kelurahan yang menjadi prioritas utama adalah peningkatan inprastruktur dasar dan sesuai dengan RPJMD juga peningkatan sumber daya manusia. Ia mengatakan untuk SDM aparatur dimana semua prangkat-perangkat Desa harus memiliki pendidikan minimal SMA/Sederajat, hal ini menurutnya merupakan langkah maju dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
Ia juga menekankan agar setiap Desa dapat menghasilan suatu produk unggulan. “Jika kita mempu mempunyai se logan One Village One Produk, berarti satu Deda satu produk unggulan,” pungkas Siti. (Andi)

Umum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan