Penerimaan Pajak Kanwil DJP Kalbar Naik 3,76%

125 views
PONTIANAK. Realisasi penerimaan panjak DJP Kalbar hingga akhir Nopember 2019 mencapai Rp. 5,773 triliun atau 73,79 % dari target 2019. Realisasi tersebut menujukkan trend positif dengan pertumbuhan sebesar 3,76% (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kinerja penerimaan pajak tersebut terutama ditopang oleh tumbuhnya pajak penghasilan (pph) sebesar 7,70% yang dipengaruhi oleh naiknya PPh Pasal 21 seiring dengan membaiknya kondisi ketenagakerjaan Indonesia (pada awal 2019, tingkat tingkat pengguran terbuka tercatat 5,01%, menurun dibanding periode sebelumnya yang mencapai 5,13% ) dan PPh Pasal 25/29 orang Pribadi/Badan seiring dengan tran positif peningkatan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi paska pelaporan SPT Tahunan.
Realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Kalbar dipengaruhi oleh meningkatnya pembayaran pajak dari sektor usaha jasa Keuangan dan Asuransi yang tumbuh sebesar 13,61% dan perdagangan besar dan eceran yang tumbuh 8,52%. Hal ini dikarenakan meningkatnya kinerja jasa Keuangan dan Asuransi pada triwulan 1 sampai dengan triwulan 3 Tahun 2019 dan dipengaruhi juga oleh positifnya kondisi perekonomian.
Kanwil DJP Kalbar masih optimis dapat mencapai target 2019 karena kinerja penerimaan dari sektor administrasi pemerintah masih dapat ditingkatkan. Hal ini didorong oleh penyerapan Anggaran belanja barang pemerintah daerah akan optimal di akhir tahun. Demikian dijelaskan Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Kanwil DJP Kalbar dalam siaran persnya saat media gathering bersama Pemprov Kalbar dan Kakanwil DJP Kalbar.
Kegiatan Malam Keakraban & Ngobrol Santai Bersama Gubernur Kalbar dan Kakanwil DJP Kalbar Fahri Bahtiar bersama awak media dilaksanakan di Pondok ale-ale Jln. Soetoyo Pontianak, 4/12/2019. Karena berhalangan Gubernur Kalbar diwakili Kepala Badan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Kalimantan Barat Mahmudah. (Kun)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan