PKW Ciptakan Jiwa Cerdas dan Trampil

56 views

Sintang, Zonamedianews.com—Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan Barista, gelar pelatihan Wirausahawan berkerjasama dengan Lembaga Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab. Sintang, Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek tahun 2021, di Aula SKB Kab. Sintang, Km 17, Jl. Sintang – Pontianak, Kec. Sungai Tebelian, Selasa (29/6/2021).Acara Di Hadiri Bupati Sintang dr.Jarot Winarno Yang Juga sekaligus Membuka jalanan nya acara tersebut.

Ketua Panitia pelaksana, yang juga Kepala SKB Kab. Sintang, Suyatni mengatakan kegiatan Penyelenggaraan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan Barista ini di latar belakangi oleh lima hal yakni, pertama; sistem pendidikan dan pelatihan vokasi saat ini belum menghasilkan lulusan yang memadai dan belum memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan dengan keterampilan tinggi, kedua; sistem pendidikan cukup banyak menghasilkan lulusan semiterampil sementara pasar kerja memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyerap lulusan tersebut, ketiga; pengembangan bidang keahlihan di lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi belum sejalan dengan kebutuhan industri dan belum mencapai kebutuhan pasar, keempat; mayoritas tenaga kerja dalam penyajian minuman kopi belum memenuhi standar barista baik dari segi skill maupun alat, dan kelima; masih sedikitnya pembuat kopi atau warung kopi belum menggunakan barista sehingga peserta didik PKW Barista SKB Kab. Sintang berpeluang menerpakan ilmunya dalam berwirausaha.

“Tujuan dari kegiatan ini yakni, memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan pola pikir berwirausaha melalui kursus dan pelatihan untuk menumbuhkembangkan sikap pintar wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal berwirausaha, mendorong peserta didik dalam merintis beridirinya usaha mandiri yang di bimbing mitra usaha”jelas Suyatni.

Untuk instruktur dan narasumber kata Suyatni, yakni barista dari salah satu kafe dari Kab. Landak, Barista dari Pontianak dan beberapa narasumber dari Kabupaten Sintang sendiri. Peserta berjumlah 25 orang peserta, berusia dari 15 – 25 tahun, berasal dari masyarakat Kab. Sintang.

“Jadi nanti dari 25 orang peserta ini akan berusaha ada 5 kelompok, itu akan di modali peralatan dan bahan baku untuk langsung berwirausaha secara gratis setelah mengikuti pelatihan sampai tuntas”ujar Suyatni.

Sementara untuk kurikulum PKW Barista ini di susun SKB Kab. Sintang bersama UMKM, dunia industri, dunia usaha, dunia kerja lainnya yang membimbing dalam pada merintiskan usaha yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI). “Materi yang di sampaikan dengan sistem pendidikan teori 34% sebanyak 68 jam pelajaran, praktek keterampilan 66% sebanyak 132 jam pelajaran, yang di laksanakan dari 25 Juni – 15 Agustus 2021 di SKB Kab. Sintang, setiap senin – minggu pukul 08.00 – 12.00 wib”terang Suyatni.

“Metode pembelajaran seperti ceramah, demonstrasi, praktek dan magang”tambah dia.

Anggaran kegiatan Penyelenggaraan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan Barista, jelas Suyatni bersumber dari bantuan pemerintah program PKW dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek Dipa tahun 2021. “Diharapkan peserta didik dapat menyelesaikan program PKW barista secara tuntas, mereka bisa merintis dan berhasil mengembangkan usaha setelah mengikuti program PKW”harap Suyatni.

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan