Setelah Kalah, Ini Yang Dilakukan PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur

263 views

Kubu Raya, Zonamedianews.com–Setelah upaya Kasasi dan Peninjauan Kembali (PK) ditolak oleh Mahkamah Agung, Manajemen Perusahaan PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur terus berusaha melobi Maurus Rita Dihales untuk mengajak kerja sama. Hal yang aneh usaha pihak PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur melobi kerjasama dimaksud, mereka meminta bantuan pihak Pemkab Kubu Raya sebagai mediator.

Hal tersebut terlihat dengan Keluarnya surat Nomor: 590/192/Setda-K.Tanah-C pemanggilan Pemkab Kubu Raya kepada Maurus Rita Dihales yang ditanda tangani Setda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam, S.Sos., M.Si.

Secara hukum, sebenarnya kasus sengketa lahan ini sudah inkrah, tetapi pihak perusahaan belum bersedia menyerahkan lahan kepada Maurus Rita Dihales yang sudah memenangkan perkara sengketa lahan tersebut.

Kasus ini berawal PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur membuka lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Kepada media ini dalam wawancaranya tgl 17/9 di Kubu Raya Maurus Rita Dihales menuturkan, Seiring berjalannya waktu pihak Perusahaan tidak menepati janji-janjinya sesuai apa yang sudah disepakati bersama dengan pihak petani sebagai mitranya. Karena itu Maurus Rita Dihales dan teman-temanya melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri Mempawah dengan dakwaan wanprestasi (ingkar janji) dan menuntut agar perusahaan mengembalikan semua lahan yang dipersengketakan kepada petani.

Di tingkat Pengadilan Negeri Mempawah, Hakim memutuskan mengabulkan tuntutan Maurus Rita Dihales dan teman-teman yang dalam putusannya memerintahkan agar PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur mengembalikan lahan yang dipersengketakan. Kemudian Management PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur melakukan banding ke Pengadilan Tinggi Pontianak, banding tersebut ditolak oleh Pengadilan Tinggi. Melihat hal tersebut kembali Management PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur melakukan kasasi ke Mahkamah Agung, dan kemudian MA juga menolak kasasi management PT Palmdale Agroasia Lestari Makmur tersebut. Setelah Kasasinya ditolak, Management PT Pamdale Agroasia Lestari Makmur mengajukan Peninjauan Kembali (PK) dan lagi-lagi ditolak oleh Mahkamah Agung.

Dengan begitu inkrah lah kasus perdata sengketa lahan tersebut dengan Maurus Rita Dihales dan teman-teman sebagai pemenangnya. (Kun)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan