Setelah Pelantikan, Yohanes Adam Segera Susun Program Kerja

162 views

Kubu Raya, Zonamedianews.com—Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Sungai Raya Yohanes Adam Abbah, S.Kep., Ners, kepada Wartawan saat ditemui usai pelantikan di Aula Gedung Brajasmukti Lanud Supadio Kubu Raya (27/03/2021) mengatakan, bahwa program kerjanya ke depan, dirinya akan membuat lembaga-lembaga Adat di semua desa yang ada di Kecamatan Sungai Raya.

“Lembaga-lembaga adat itu akan menjadi perpanjangan tangan saya untuk kegiatan-kegiatan adat di desa-desa nantinya,” jelasnya.

Selain itu dirinya juga akan melakukan pengkaderan anak-anak muda Dayak untuk belajar kepemimpinan dan juga tentang budaya Dayak itu sendiri.

Ia juga berharap dengan adanya lembaga-lembaga adat dari berbagai suku yang ada di Kecamatan Sungai Raya bahkan di Kabupaten Kubu Raya, kedamaian, ketertiban bisa terjaga.

“Karena kita saling menghormati, saling toleransi, sehingga keributan seperti dimasa lalu tidak terulang lagi,” harapnya.

Program dalam waktu dekat yang akan dilaksanakan Pengurus DAD Kecamatan Sungai Raya yaitu akan mengadakan rapat untuk membuat program kerja. Dengan masing-masing seksi akan membuat program kerjanya.

“Kita berusaha membuat program kerja dengan melakukan kerjasama dengan pihak pemerintahan Kecamatan, Dispora dan instansi terkait lainnya. Agar tahun-tahun kedepan kita bisa mendapatkan anggaran untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti naik dango atau pun gawai, dan juga pembangunan rumah Betang,” jelasnya.

“Semoga semuanya bisalah dicapai dalam Periode kepemimpinan saya inilah,” ujar dia.

Di tempat yang sama Ketua DAD Kabupaten Kubu Raya Lasem R. S.Pd., berpesan agar masyarakat Dayak yang ada di Kubu Raya bisa ikut menjaga persatuan dan kesatuan.

“Jagalah persatuan dan kesatuan, ingat kita hidup dengan masyarakat lain,” pesannya.

Selain itu Ia juga mengajak agar masyarakat tetap patuh dengan protokol kesehatan. “Mari bersama sama membangun Kab. Kubu Raya, perbedaan jangan dipersoalkan,” terangnya.

Sementara itu Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat Jakius Sinyor mengaku sangat mengapresiasi DAD Kecamatan Sungai Raya. Ia mengaku baru kali ini menghadiri pelantikan Pengurus DAD Kecamatan.

“Baru kali ini saya menghadiri pelantikan Pengurus DAD Kecamatan, ini merupakan kehormatan bagi saya, luar biasa,” ungkapnya kagum.

Ia berharap agar orang Dayak membantu pemerintah dalam hal pelaksanaan pembangunan. “Seluruh organisasi, ormas agar semua membantu pemerintah dalam hal pembangunan,” pesannya.

Wakil Bupati Kab. Kubu Raya Sujiwo mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan dan pengambilan sumpah, DAD Kecamatan Sungai Raya, ia juga berharap DAD bisa berkontribusi dalam pembangunan baik di Kecamatan Sungai Raya mau pun di Kabupaten Kubu Raya.

“Tujuan pembentukan pengurus adat, atau dewan adat, paguyuban terutama di Kalbar ini untuk membangun komunikasi antar golongan/suku mengingat Kalbar ini pernah terjadi sejarah kelam, jadi kalau terjadi gesekan di masyarakat pengurus-pengurus inilah yang akan menyelesaikan, dan juga teruslah berkarya, bekerja utk majukan daerah,” pesannya. (Kun)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan