Simulasi Penangangan Karhutla Dilaksanakan Di Ruangan Tertutup

23 views

Pontianak, Zonamedianews.com—Upaya meningkatkan keterampilan, kemampuan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Pelatihan simulasi penangulangan bencana kebakaran hutan dan lahan dimasa pandemi covid-19 THN 2021.

Secara nasional ada 6 provinsi yang di pilih melaksanakan kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan THN 2021 termasuk Kalimantan Barat Kalimantan Barat di pilih mengingat Kalbar merupakan salah satu daerah yang berpotensi terjadinya karhutla.

Kegiatan yang direncanakan belangsung tiga hari tersebut dilaksanakan di hotel Mercure Pontianak 5-7/10/2021.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Pj Sekda Kalimantan Bart Samuel menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan.

Ia berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan para pelatih juga memberikan materi dan pelatihan yang benar-benar bisa mendekati kejadian yang sesungguhnya. Sehingga peserta menjadi terampil dan saat terjadi karhutla, semuanya sudah mengerti dan tahu cara mengatasinya, baik koordinasi di ruang maupun penanganannya di lapangan.

Di tempat yang sama Penanggungjawab kegiatan dari pihak BNPB Hotomo menjelaskan bahwa untuk diwilayah Kalimantan, Kegiatan dilaksanakan di dua tempat yaitu Kaltim dan di Kalbar hal tersebut menurutnya mengingat di kedua daerah tersebut bencana yang sering terjadi yaitu bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Karena bencana kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi, maka untuk Kalbar dan Kaltim disepakatilah kegitan simulasi yaitu tentang penaggulangan karhutla,” jelas Hotomo.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa kegiatan simulasi dilaksanakan di dalam ruangan saja hal itu mengingat sekarang ini adalah masa pandemi. (Kun)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan