Bawaslu Pastikan Pilkada Kabupaten Sintang Berjalan Sesuai Protokol Kesehatan

153 views

Sintang, Zonamedianews.com. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sintang akan melakukan pengawasan terhadap semua proses jalannya Pilkada Kabupaten Sintang tahun 2020 yang akan di gelar  9 Desember mendatang. Ketua Bawaslu Kabupaten Sintang Fransiskus, mengimbau kepada para pantia penyelenggara dan peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan  pada saat hari pelaksana pencoblosan nantinya. 

“Kita ada Bawaslu tingkat Kabupaten, ada juga Panwaslu tingkat Kecamatan dan ada pengawas di tingkat Desa dan setiap TPS. Ini artinya bahwa jajaran pengawas ada di setiap tingkatan dan pasti melakukan semua pengawasan termasuk penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pencoblosan,” jelasnya. 

Dikatakan Fransiskus pihaknya juga telah melakukan pengawasan secara intensif tahap demi tahapan pelaksanaan pilkada Kabupaten Sintang hal ini sesuai dengan surat edaran lembaga, PKPU, Perbawaslu dan Peraturan-peraturan lain dalam konteks protokol kesehatan.

“Itu memang dari awal dulu kami sudah menyurati baik penyelenggara maupun peserta dalan hal ini. Untuk KPU kita surati sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI untuk memastikan semua tahapan Pilkada itu berjalan sesuai dengan protokol kesehatan. Selain menyurati KPU kami juga telah menyurati Paslon dam Tim Koalisi pengusung paslon, untuk memastikan semua kegiatan mentaati protokol kesehatan,” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa protokol kesehatan adalah harga mati dalam mencegah penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu ia mengimbau pentingnya dalam pelaksanaan pencoblosan nanti protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan, agar masyarakat yang datang ke TPS dapat terhindari dari penyebaran Covid-19. Ia meminta kepada masyarakat pada saat datang ke TPS untuk mentaati 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, agar dalam pelaksaan Pilkada Kabupaten Sintang tidak menimbulkan kluster baru atau Kluster Pilkada Sintang. (Andi)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan