STKIP PK Sintang Kembali Cetak 226 Sarjana Baru

157 views

Sintang, Zonamedianews.com—-Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa Kembali mewisuda kan sebanyak 226 Wisudawan/Wisudawati, yang terdiri dari lima program studi Sarjana S1 angkatan ke XI (Sebelas), Tahun akademik 2020/2021.Sabtu (9/4/202) di ruang auditorium STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jalan Pertamina Kelurahan Sengkuang Sintang.

Turut hadir Ketua Perkumpulan Badan Pendidikan Karya Bangsa Dr. Drs. Y.A.T Lukman Riberu, M. Si, Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Didin Syarifuddin, S.P. M. Si, Anggota Senat, Staf Ahli Bupati Sintang beserta jajaran Forkopimda, Anggota DPRD Sintang dan para Tamu Kehormatan, Wisudawan/Wisudawati, serta orang tua wisudawan/wisudawati.

Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Didin Safrudin, S.P.,M.Si mengatakan secara keseluruhan setelah lulusan hari ini, jumlah Alumni STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, berjumlah 3311 (Tiga Ribu Tiga Ratus Sebelas) orang.

Ia menekankan kepada para lulusan untuk mempersiapkan diri bersaing di dunia kerja, dan tetap menjaga nama baik almamater serta menjaga sikap dan perilaku. Di era 4.0 dunia Pendidikan terus menghadapi tantangan dunia yang semakin kompetitif.

“Kompetensi di dunia Pendidikan menjadikan ruang bagi generasi-generasi muda untuk menjawab tantangan zaman, Pendidikan yang terus berkembang dan berevaluasi tentunya akan menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era globalisasi ini,” ujar Didin.

Ketua Perkumpulan Badan Pendidikan Karya Bangsa Kabupaten Sintang Dr. Drs. Y.AT. Lukman Riberu, M.Si, mengatakan jangan hanya bangga dengan jumlah lulusan, tetapi bagaimana kualitas lulusannya. Kepada para lulusan ia meminta untuk bekerja keras agar kegagalan tidak berani menghampiri dan harus berani menciptakan lapangan kerja, bukan hanya sebagai pencari kerja.j

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan wisuda hari ini juga tetap melaksanakan protokol kesehatan. Dengan telah diwisudakan lulusan angkatan ke XI (Sebelas) ini, ia mengatakan bahwa jumlah Alumni STKIP Persada Khatulistiwa Sintang telah melebihi tiga Bataliyon.

“Kalau mereka ini semua kita telah berikan mereka sumber daya yang bagus, jadi kalau mereka pulang bukan hanya untuk Sintang dan juga untuk Kabupaten yang lain,” kata Lukman Riberu.

Selain itu ia juga menjelaskan saat ini di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang sudah memiliki sembilan Program Studi (Prodi), dari sembilan prodi yang sudah diwisudakan sebanyak lima prodi, yaitu Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra, PKN, PGSD, dan Pendidikan Ekonomi. (Kita ada sembilan prodi, yang sudah kita wisudakan lima. Tahun depan akan tambah lagi dua yang sudah bisa wisuda, yaitu prodi Bahasa Inggris dan PAUD,” tambahnya.

Ia berharap semua Alumni dapat memanfaatkan ilmu sesuai dengan kemampuan masing-masing. “Harapan kita mereka semua bisa memanfaatkan semua keinginannya, mereka jangan menunggu tunggu ada lowongan dan sebagainya tetapi mereka tidak berbuat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sintang melalui Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Arbudin menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Sintang sangat menaruh perhatian besar terhadap dunia pendidikan di Sintang. “ini juga merupakan salah satu visi pembangunan kita, yaitu untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas. saya yakin, dengan pembangunan pendidikan yang optimal, akan membawa Kabupaten Sintang yang lebih maju dan sejahtera,” terang Arbudin.

“Peran guru, sangatlah penting dan menentukan. kita sangat membutuhkan partisipasi aktif dari para pemangku kepentingan untuk turut serta menyediakan guru sebagai bagian dari sistem pembangunan pendidikan kita. Maka dari itu, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus yayasan dan civitas akademika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang karena melahirkan intelektual- intelektual muda yang akan menjadi bagian penting dari perjalanan Kabupaten Sintang untuk membangun bumi senentang khususnya di dunia pendidikan,” tambahnya.

Selain itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang, ia mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah berhasil mencapai pendidikan yang lebih tinggi, setelah selesai menempuh studi yang cukup panjang. “Tentu keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan orang tua. oleh karena itu, sudah sepatutnya bila apresiasi dan penghargaan ini juga saya sampaikan kepada orang tua dan wali wisudawan/wisudawati yang telah memberikan kesempatan dan dukungan, baik moril maupun materil kepada putra/putrinya dalam menimba ilmu dan mengembangkan potensi yang mereka miliki hingga tingkat perguruan tinggi ini,” ujarnya.

“Saya berharap bekal ilmu yang diperoleh seluruh wisudawan/wisudawati selama ini dapat menjadi modal untuk memajukan bangsa serta membangun negara dan masyarakat. kita karyakan untuk kepentingan bangsa dan negara, khususnya di kabupaten sintang. sehingga mampu memberikan manfaat. tidak hanya untuk negara, tetapi juga masyarakat. Tidak lupa, saya juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada pengurus yayasan dan civitas akademika stkip persada khatulistiwa sintang atas kontribusi nyata dalam membangun pendidikan di sintang. Saya berharap stkip persada khatulistiwa sintang terus konsisten melahirkan banyak sarjana unggulan dan melakukan kerjasama dengan sektor-sektor pemerintahan untuk terus menguatkan sumber daya manusia,” tutup Arbudin. (Andi)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan