STOP Penambangan Tanpa Izin Melalui Banner

78 views
Sintang, Zonamedianews.com. Personil  Polsek Kayan hulu  Bripka  Bambang Afrijal Menghimbau dan menyampaikan pesan kamtibmas  kepada masyarakat di Kecamatan Kayan hulu  agar tidak melakukan penambangan emas tanpa izin di wilayah Kecamatan Kayan hulu,  kerena hal tersebut melanggar hukum yang berlaku serta efek dari penambangan emas itu sendiri mengakibatkan kerusakan lingkungan berupa pencemaran sungai,tanah dan lain-lain yang dapat merugikan masyarakat banyak.
Dalam giat tersebut Bripka  Bambang  juga mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menolak adanya pertambangan emas tanpa izin dan segera melaporkan apa bila menemukan kegiatan penambangan emas tanpa izin.
Hal tersebut disampaikan oleh Bripka Bambang   kepada warga untuk menolak/tidak melakukan kegiatan PETI di wilkum polsek Kayan hulu,  dengan harapan agar warga bersama-sama tetap menjaga lingkungan yang tetap aman dan kondusif.
Ditemui dilain tempat  Kapolsek Kayan hulu IPTU Sutrisno  Mengatakan “PETI dapat dipastikan berdampak negatif bagi masyarakat, karena jumlah yang menikmati keuntungan dari kegiatan tersebut hanya segelintir orang sedangkan yang terkena dampaknya bisa ribuan orang, termasuk mahluk hidup lainnya,” tegasnya.
Kegiatan penambangan emas tanpa ijin tersebut berhubungan langsung dengan air sungai, dapat dipastikan bahwa masyarakat yang berada di hilir sungai tidak lagi dapat menikmati air bersih dan ikan yang ada di sungai, tidak dapat berkembang dan bahkan ada kekhwatiran mengkonsumsi ikan yang berasal dari sungai tersebut dapat mengandung unsur mercury yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, dalam UU RI No 04 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Minerba, mengancam berat pelaku Penambangan Emas Tanpa Ijin dengan Sanksi Pidana maupun Denda.
Ia menghimbau dan berharap kepada masyarakat yang  di wilayah Kecamatan  Kayan hulu  untuk ikut menjaga kelestarian alam dan lingkungan, serta peduli dengan masyarakat yang lain yang mungkin jadi korban akibat penambangan tersebut.
“Dengan menghentikan aktifitas PETI tersebut, dan apabila masih melakukan aktifitas penambangan emas tanpa ijin maka akan ditindak lanjuti dengan ketentuan hukum yang berlaku,” tutupnya.
Penulis :  Herliadi
Publish : Andi

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan