Tangani Banjir BPBD Sintang Gandeng Dinsos

41 views

Sintang, Zonamedianews.com. Intensitas Curah hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir kembali terjadi dan berdampak besar bagi sebagian daerah pesisir di Kabupaten Sintang, sehingga banyak daerah yang tergenang banjir dan beberapa akses jalan di beberapa Kecamatan nampak Putus akibat terendam banjir.

PLT.  Sekretaris BPBD Kabupaten Sintang, Drs Heryadi kepada Wartawan mengatakan sejauh ini pihak BPBD Sintang selalu siaga, dalam menjalankan tugasnya BPBD Sintang juga bekerja sama dengan Pihak Dinas Sosial Kabupaten Sintang, tererutama Dalam Menangani Banjir di Kabupaten Sintang saat ini.

                           PLT. Sekdis BPBD Sintang

“Selain itu BPBD Sintang juga selalu melakukan sosialisasi bahaya banjir kepada masyarakat dengan melalui media sosial kepada pihak Kecamatan, supaya dapat melaporkan daerah yang membutuhkan bantuan supaya data dapat terakomodir dan bantuan dapat tersalur tepat sasaran,” terangnya, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (14/09/2020).

Secara terpisah Kepala Seksi Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Poniman S.Kep.Ners mengatakan bencana banjir yang terjadi saat ini berbeda dengan banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, dimana banjir tahap pertama Kabupaten Sintang langsung mendapatkan Bantuan dari Dinas sosial Provinsi berupa beras, mie instan, sembako dan bantuan dari OPD.

   Kepala Seksi Perlindungan Sosial (Dinsos Sintang)

“Sedangkan untuk saat ini masih ada di gudang Dinsos yang belum tersalurkan, yaitu beras sebanyak 4 ton dan sudah dilakukan penyaluran ke Kecamatan Sintang,” terang Poniman.

“Tadi (14/09/2020-Red) sudah kita salurkan di kecamatan sintang 800 kg Beras, 25 dus mie instan, minyak goreng 25 liter. Itu yang sudah kita salurkan untuk hari ini, untuk banjir yang sekarang, dan beras kita masih ada kurang lebih 3,2 ton dan itu kita cadangkan untuk kecamatan lain dan prioritas nya besok (15/09/2020) adalah kecamatan Dedai,” tambahnya.

Dikatakan Poniman saat ini sudah ada beberapa Kecamatan lain juga melaporkan terjadi nya banjir akan tetapi belum secara langsung meminta bantuan. Ia juga berpesan agar warga masyarakat selalu waspada terhadap banjir, mengingat banjir di sintang bukanlah bencana yang datang tiba-tiba.

Dirinya memastikan bahwa masyarakat tentu sudah paham dengan kondisi daerah mereka masing-masing supaya mempersiapkan diri di musim penghujan untuk mengamankan barang dan melakukan pengungsian jika intensitas hujan cukup tinggi.

Memi Sukaesih, SH.M.A.P selaku Kepala Seksi Jaminan Sosial menyebutkan dari data Banjir pertama yang terjadi Beberapa pekan lalu jumlah penerima Bantuan yang Tercatat sebanyak 14.715 Kepala Keluarga terdampak di beberapa kecamatan yang mendapatkan bantuan sembako dan juga berupa pakaian serta kebutuhan lainya.

“Untuk Daerah Rawan Banjir Sendiri kabupaten Sintang untuk tahun ini terdapat beberapa Kecamatan Dengan kasus Kategori parah melingkupi Kecamatan Serawai, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Dedai, sintang, sepauk, dan Tempunak. serta beberapa Kecamatan lain yang masuk Kategori ringan,” ujar Memi.

“Data akurat penerima Bansos tidak lepas dari kerja sama dengan kepala daerah terdampak seperti kepala Desa dan juga Camat setempat dalam melaporkan data penduduk nya yang Membutuhkan Bantuan Kepada BPBD dan Dinsos,” pungkas Memi. (Andi)

Ragam

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan