Tuntut Keadilan Warga Datangi Perusahan Julong Group

oleh -75 views

Sintang-Ratusan Massa yang tergabung dalam Aliansi Petani Sawit Pelasma (AMPELAS BORNEO), datangi lahan sawit Perusahaan Julong Geroup yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian, dan di Desa Lalang Baru Kecamatan Sintang bersama Ketua LBH MADN Jailani Christo, SH.,MH dan Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny beserta 2 Anggota Komisi D DPRD Sintang Nico Dimus dan Anastasya, Jumat 25 Maret 2022.

Kedatangan Warga ke Julong Group adalah menuntut keadilan atas hak-hak yang dirampas oleh perusahan dan warga menuntut keadilan karena Perusahaan (Julong Group-red) diduga semena-mena kepada hak masyarakat, tertutama banyak lahan masyarakat yang digusur tanpa ganti rugi dan secara paksa oleh pihak Julong Group.

Seperti yang dikatakan oleh salah seroang warga Desa Lalang Baru yang enggan untuk disebutkan namanya, lahan milik dirinya digusur oleh pihak perusahaan Julong Group tanpa ganti rugi dan secara paksa, bahkan diduga perusahaan menggunakan oknum Aparat dengan menembakan senjata untuk memaksa menyerahkan lahanya.

Selain itu banyak juga lahan milik warga yang masuk dalam Hak Guna Usaha (HGU Julong Group), lebih mirisnya lahan yang sudah bersertifikat juga masih diserobot oleh pihak Julong Group.

“Lahan Yayasan Cahaya Sintang yang sudah ada sertfikatnyapun masih juga digusur oleh pihak perusahaan,” ujar Karnodin Wakil Ketua Yayasan Cahaya Sintang.

Saampai saat ini pihaknya terus berjuang agar tanah tersebut bisa dikembalikan kepada pihak yayasan sesuai dengan Hak atas tanah sesuai Sertifikat yang ada.

“Tanah Yayasan Cahaya Sintang bersertifikat kurang lebih 14 Hektar yang sudah ditanam oleh pihak perusahaan dan perusahaan menggusur laha tersebut sekitar Tahun 2010, lalu sudah disampaikan agar tidak ditanam, namun pihak perusahaan tetap saja menanam,” tambahnya

Oleh sebab itu pihaknya meminta agar tanah tersebut dikembalikan kepada pihak yayasan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.