Wabup Sintang Buka Diskusi Penanganan Konflik Keagamaan

99 views

Sintang, Zonamedianews.com—Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, membuka kegiatan Diskusi “Temu Konsultasi” tentang Penanganan Konflik Keagamaan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat, yang di laksanakan di Pendopo Bupati Sintang Pada Rabu 24 Maret 2021. Dalam paparan ia mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan seperti ini.

“Sebab sangat perlu berdiskusi akan hal seperti ini, tentu kita tidak bisa membiarkan sesuatu yang sudah di lihat lalu tidak ada upaya dalam mengambil langkah langkah kongrit serta mencari solusi dari akar permasalahan nya,untuk itu dengan pertemuan kita pada hari ini tentu kita akan menyelesaikan persoalan yang memang sudah ada dan terjadi di lingkungan kita ini, tentu persoalan seperti ini tidak bisa kita biarkan berlarut larut,” ujar dia.

Sudiyanto menambahkan akan lebih elok bila suasana di Kabupaten Sintang menjadi aman tentram dan kondusif. Oleh sebab itu untuk menjaga hal tersebut akan menjadi peranan semua pihak yang ada di Kabupaten Sintang. Sehingga kejadian-kejadian yang tidak diinginkan bisa teratasi bersama, khususnya dalam lingkup keagamaan.

“Sudah barang tentu hal hal yang menyangkut soal agama sangat mudah di seret, begitu mudah masuk sehingga mudah untuk di besar besarkan, apa lagi kalau sudah menyangkut persoalan agama semua menganggap benar, padahal tidak demikian yang terjadi sesungguhnya, maka untuk itu perlu kita duduk bersama dan kita liat persoalannya subjektif mungkin lalu carilah solusi yang terbaik bagi kita semua. Persoalan seperti ini harus kita tegaskan dengan kuat kalau memang tidak boleh dan di larang dalam akidah agama harus kita larang, jangan ada kesan pembiaran sehingga tidak ada solusi dan langkah kongkrit untuk menyelesaikannya,” ujar dia.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, H. Anuar Akhmad mengatakan kegiatan ini sangat berharga, yang mana dalam kegiatan seperti ini bersama-sama mencari benang merah dan mencari solusi dalam persoalan agama yang ada di Kabupaten Sintang ini. “Guna menciptakan persatuan dan kesatuan umat beragama. Kegiatan ini dimaksud guna menciptakan kerukunan antar umat beragama yang sering muncul di tengah tengah kita, baik persoalan kerukunan, persoalan persatuan persoalan yang ada di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini dapat dipahami dan disikapi bersama, “kita tidak menghukum akan tetapi bagaimana persoalan yang sering muncul di masyarakat baik persoalan agama dan lain nya tetap kita cari solusi yang baik yang berkaitan kebenaran suatu agama dan kekuatan akidah mari kita sama saling memahami satu dengan yang lain sehingga semua kita di kabupaten sintang ini bisa bekerjasama dalam menjalan kan kehidupan kita sehari tanpa ada penodaan antar suatu kelompok suatu agama dan lain sebagainya,” tambahnya. (Red)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan