Warga Positif Covid-19, Ini Kata Kades Gurung Kempadik

375 views

Sintang, Zonamedianews.com—-Mengingat adanya 1 warga yang dinyatakan Positif dan 6 Reaktif. Kepala Desa Gurung Kempadik Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, Aan Kristianto selaku Ketua Tim Penanganan Covid-19, Desa Gurung Kempadik mengimbau masyarakat, untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke Dinas Kesehatan jika warga mengalami gejala seperti demam, batuk, gangguan pernapasan.

Dikatakan Aan, Kejadian itu berawal dari adanya keluhan warga yang menyatakan bawa mengalami kurang berfungsinya indra perasa dan indra penciuman.

“Dari informasi tersebut, kami tim gugus tugas desa yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Petugas Kesehatan Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan dibantu oleh Ketua RT, Linmas dan Tokoh Adat melakukan penyisiran sampai ke tingkat RT untuk mendata sekaligus menganjurkan untuk mengikuti Rapid masal, pada Senin 12 April 2021 kemarin.S melalui tes swab akhirnya didapati 12 orang yang terkonfirmasi,” ujar dia kepada zonamedianews.com, Senin 19 April 2021.

Ia menjelaskan juga, bahwa sebelumnya dirinya telah berkoordinasi dengan Camat Sungai Tebelian (Ramli Andoi, S.Sos.M.AP-red) untuk mengadakan Rapid Tes masal yang dilakukan di Puskesmas Pandan yang kemudian merujuk pada Rapid Antigen, Swab PCR di Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

“Dan hal ini disambut baik oleh Camat Sungai Tebelian Selaku Ketua Gugus Tugas Kecamatan karena ini merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa bahwa dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Desa Gurung Kempadik.Karena ini bukan aib, bukan hal yang untuk ditutup tutupi tapi ini demi kesehatan masyarakat Desa Gurung Kempadik,” tegasnya.

Hingga saat ini, kata Aan, tim gugus tugas penanganan covid-19, Desa Gurung Kempadik terus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, terkait bahayanya Covid dan menganjurkan melaksanakan 5 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas dan interaksi.

Saat ini juga tim gugus tugas penanganan covid-19 Desa Gurung Kempadik melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan yang terpapar Covid, sarana umum seperti Masjid, Gereja, Sekolah, Polindes, Poskesdes dan tempat-tempat umum lainnya.

”Untuk saat ini pasien terkonfirmasi sedang dalam penanganan pihak Dinas Kesehatan yang sampai dengan saat ini ke 11 warga tersebut berada di rusunawa, dan 1 orang telah dipulangkan dan menjalani masa pemulihan” ujar dia.

Lanjut, Aan hingga saat ini pihaknya juga membagikan bantuan kepada masyarakat. “Dalam bentuk pembagian vitamin, masker ke seluruh warga, dan sedikit membantu logistik kepada warga yang terdampak covid,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Sungai Tebelian Ramli Andoi mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada Pemerintah Desa Gurung Kempadik dalam upaya ini. “Karena tidak semua Dessa berani ambil sikap untuk hal ini,” ujar dia

“Peningkatan kasus di Gurung Kempadik hingga saat dikarenakan Pemerintah Desa terus melakukan test dan Tracing terhadap warganya tidak seperti di desa-desa lain yang tidak melakukan pemeriksaan karena dianggap aman dan tidak berkasus Covid-19, dan ini adalah suatu kebijakan yang tepat,” ungkapnya.(Red) 

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan