Welbertus Minta Pemerintah Bersinergi Bangun Sintang

oleh

SINTANG-Anggota DPRD Sintang Welbertus mengajak masyarakat terus mengembangkan sektor pariwisata yang merupakan sektor riil yang dapat berkontribusi langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Para pemain jasa pariwisata dapat mengambil peran termasuk dari usaha kecil dan menengah. Untuk itulah maka perlu dibuat sebuah masterplan pengembangan wilayah yang dapat mengakomodasi kepentingan dan kebutuhan para pihak yang terlibat di dalamnya,katanya.

Dikatakan Welbertus dari Partai PDI perjuangan“salah satu tantangan yang dihadapi adalah terkait dengan terbatasnya kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dalam pengelolaan kawasan hutan yang merupakan kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi”

“dalam hal ini, Taman Wisata Alam Bukit Kelam merupakan kawasan pelestarian alam dibawah kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. Sementara Bukit Luit Dan Bukit Rentap memiliki status kawasan sebagai hutan lindung dibawah kewenangan Pemerintah Provinsi Melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan”

“Pemerintah Kabupaten Sintang saya yakin tentu akan bekerja dengan tidak melampaui kewenangannya. Untuk itu diperlukan koordinasi dan komunikasi di antara pemangku kewenangan agar kita dapat bekerja dalam koridor dan kewenangan masing-masing. Dengan demkian program yang disusun antar instansi seharusnya saling terkoneksi dan mendukung satu sama lain”

Ditambahkan Welbertus“menghadapi tantangan tersebut, kita pihak DPRD Sintang bersama Pemerintah Kabupaten Sintang mengajak para pemangku kewenangan di kawasan kelutap untuk duduk bersama menyusun masterplan pengelolaan kawasan. Kita perlu melakukan interkoneksi seluruh kawasan hutan negara dengan potensi-potensi lain yang berada di luar kawasan hutan.

“kita harus bisa mengembangkan segala potensi yang kita miliki untuk dipromosikan dan dipasarkan sebagai satu paket wisata yang menarik dan menguntungkan semua pihak yang terkait hadirin peserta pertemuan yang saya banggakan, penyusunan masterplan ini diharapkan akan dapat menata kawasan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya. Hal ini akan bermanfaat untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi kawasan tersebut,harap Welbertus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *